Waspada Cacar Monyet, Bengkulu Tingkatkan Pengawasan Pintu Masuk Pelabuhan hingga Bandara

Waspada Cacar Monyet, Bengkulu Tingkatkan Pengawasan Pintu Masuk Pelabuhan hingga Bandara

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu, Ruslian--(Sumber Foto: Imron/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur Bengkulu melalui Dinas Kesehatan menindaklanjuti Surat Edaran dari Dirjen P2P Kemenkes RI dan diteruskan kepada Bupati serta Balai Karantina Kesehatan untuk meningkatkan kewasapadaan terhadap penyebaran penyakit Mpox atau cacar monyet.

Dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan meminta peningkatan kewaspadaan Terhadap Mpox (Monkeypox) di pintu masuk pelabuhan dan bandara yang melayani lalu lintas domestik dan di wilayah tertanggal 20 Agustus 2024 lalu.

BACA JUGA:7 Tanda Kulit Kekurangan Kolagen, Salah Satunya Wajah Menjadi Kusam, Pernah Mengalami?

BACA JUGA:Usulan Sudah Disampaikan, Kuota Replanting Sawit untuk Seluma Belum Ada Kejelasan

"Isi surat edaran tersebut sama dengan isi surat edaran dari Kementerian Kesehatan namun lebih fokus ke pencegahan dan pemeriksaan di pintu masuk baik Udara maupun laut," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu, Ruslian, Jumat 13 Septemeber 2024.

BACA JUGA:Warga Terdampak TWA Pantai Panjang Bengkulu Kawasan Pringgading Dibebaskan, Ini Alasannya

BACA JUGA:Jembatan Desa Simpang Putus Tak Kunjung Dibangun, Begini Respon Bupati Erwin

Kendati kasus cacar monyet belum ditemukan di wilayah Bengkulu, namun Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mengimbau kepada masyarakat khususnya para pelaku perjalanan luar daerah untuk tetap waspada.

Jika mengacu pada edaran yang ada, Ruslian menyebut temuan kasus di Bengkulu sangat kecil, mengingat Bengkulu tidak melayani penerbangan domestik atau keluar negeri.

Sehingga para pengguna layanan penerbangan ke Bengkulu akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu di bandara internasional yang melayani penerbangan domestik sebelum di terbangkan ke Bengkulu.

BACA JUGA:Mengandung Kolagen Tinggi, Ini 7 Daftar Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi Agar Kulit Awet Muda

BACA JUGA:Selain Buahnya, Ini 7 Manfaat Kulit Manggis yang Sayang Dilewatkan, Kamu Perlu Tahu

"Kemungkinan itu kecil ya untuk temuan kasus di Provinsi Bengkulu, karena pasti sudah diperiksa di Bandara Soekarno Hatta. Nah, kalau pun ada orang warga Bengkulu yang dari luar negeri pasti sudah terdeteksi di bandara Soekarno Hatta. Namun kita tetap waspada," tuturnya.

Diketahui cacar monyet merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh Monkeypoxuirus (MPXV).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: