Ini 5 Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diketahui, Nomor 2 Nyeri saat Menelan

Ini 5 Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diketahui, Nomor 2 Nyeri saat Menelan

Ilustrasi. Ciri-ciri radang tenggorokan.--(Sumber foto: Doc/BETV)

Ciri-ciri radang tenggorokan yang harus diwaspadahi pertama adalah sakit dan gatal di tenggorokan. Hal ini umum terjadi ketika akan atau sedang radang, karena infeksi dari bakteri atau virus.

Ada banyak yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus, mulai dari kebiasaan buruk tidak menyikat gigi setelah makan, jarang minum air mineral hingga tenggorokan kering, atau efek samping mengkonsumsi makanan tertentu.

Oleh karenanya, sebelum radang tenggorokan menyerang kamu perlu memilih dan memilah makanan yang baik dikonsumsi dan cukupi kebutuhan cairan tubuh stiap harinya agar tenggorokan terhidrasi.

BACA JUGA:Hasil Verifikasi Faktual Bawaslu Kaur Temukan DPS Tidak Akurat

BACA JUGA:Catat! Pendaftaran Duta Wisata Kaur 2024 Berakhir 24 September

2. Nyeri saat Menelan dan Berbicara


--(Sumber foto: Web/alodokter.com)

Ciri-ciri radang tenggorokan berikutnya adalah nyeri saat menelan dan berbicara. Sama dengan sensasi gatal, nyeri menelan juga umum terjadi saat akan atau telah mengalami radang tenggorokan.

Rasa nyeri menelan ini terjadi karena area tenggorokan terluka biasanya, sehingga makanan atau minuman yang melewatinya membuat luka tersebut terasa sakit yang menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, rasa nyeri tersebut juga dapat terasa ketika berbicara jika kondisi sudah parah. Oleh karenanya, sebelum semakin parah kamu perlu mengobatinya baik dengan mengkonsumsi obat atau berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Utara Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada 2024, Butuh 503 Orang

BACA JUGA:Resep Pilihan Jus Wortel Ini Wajib Kamu Coba, Dijamin Bikin Segar dan Enak

3. Suara Menjadi Serak

Ciri-ciri radang tenggorokan selanjutnya adalah suara menjadi serak. Kondisi ini dapat terjadi karena infekasi pada daerah tenggorokan.

Seperti yang diketahui bahwa tenggorokan berdampingan dengan pita suara, sehingga jika terjadi peradangan pada area tenggorokan makan suara yang dikeluarkan juga tidak maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: