KPU

Ini Progres Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara Seluma, Resmi Beroperasi Tahun Depan

Ini Progres Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara Seluma, Resmi Beroperasi Tahun Depan

Pembangunan infrastruktur Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Seluma terus menunjukkan progres yang signifikan.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pembangunan infrastruktur Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Seluma terus menunjukkan progres yang signifikan.

Hal ini, sebagai upaya strategis untuk meningkatkan sektor perikanan di Bengkulu dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

Proyek ini merupakan salah satu program prioritas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan, Kabupaten Seluma.

Pembangunan yang dimulai pada tahun 2023 lalu akan berlanjut hingga 2025 ditargetkan beroperasi.

BACA JUGA:Final! 3.515 Pelamar Lolos Administrasi CPNS Pemprov Bengkulu 2024

Untuk diketahui pada tahap pertama, anggaran sebesar Rp 17 miliar telah digunakan, sementara tahap kedua yang sedang berjalan saat ini mengalokasikan Rp7 miliar.

Dengan pelabuhan yang lebih modern, diharapkan aktivitas perikanan menjadi lebih teratur dan efisien.

Kasman, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) PPN Seluma Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu, menjelaskan bahwa pembangunan tahap pertama meliputi gerbang, jalan, pemagaran lokasi, dermaga, kolam labuh kapal, serta penyediaan air bersih dan instalasi listrik.

BACA JUGA:Ide Visioner Paslon DISUKA: Jadikan Pulau Tikus Destinasi Wisata Sekelas Gili Trawangan Lombok

Saat ini, pembangunan breakwater (pemecah ombak) dan pendalaman alur pelabuhan sedang berlangsung.

"Pada tahun 2024, terdapat tiga item pembangunan lanjutan, yaitu breakwater, melanjutkan pembangunan dermaga, penimbunan, jalan, dan drainase," kata Kasman 

BACA JUGA:100 Mahasiswa Terima Beasiswa Pemprov Bengkulu Rp1,5 Juta, Ini Pesan Gubernur Rohidin

Ia menambahkan bahwa sebelumnya pelabuhan ini hanya melayani kapal nelayan dengan tonase di bawah 5 gross tonnage (GT). Namun, setelah selesai, pelabuhan ini akan mampu menampung kapal dengan kapasitas di atas 10 GT.

Diharapkan, PPN Seluma akan segera beroperasi penuh dan memberikan dampak signifikan bagi nelayan serta masyarakat Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: