KPU

Masyarakat Adat Tanah Serawai Dukung Erwin dan Jonaidi di Pilkada Seluma 2024

Masyarakat Adat Tanah Serawai Dukung Erwin dan Jonaidi di Pilkada Seluma 2024

Sebanyak 19 komunitas adat di Kabupaten Seluma memberikan dukungan kepada Erwin Octavian sebagai utusan politik masyarakat adat dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 November 2024.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:Rambut Makin Sehat dan Tebal, Cek Manfaat Minyak Zaitun Lainnya di Sini

Itulah mengapa, AMAN kemudian secara berkelanjutan membangun gerakan advokasi dan keterlibatan politik di pentas elektoral. 

"Advokasi bisa bentuknya pemberdayaan, kaderisasi, pemetaan wilayah adat dan mendorong penerbitan perda-perda. Dan untuk dimensi politiknya, AMAN mengutus kader-kadernya dalam Pilkades, Pilkada, atau pemilu. Termasuk menempatkan orang-orangnya dalam kelembagaan yang non elektoral," kata Fahmi.

BACA JUGA:Pelaksana Tugas Kepala Bapenda Provinsi Bengkulu Dijabat Yudi Karsa

Dewan AMAN Nasional Deftri Hardianto menambahkan, keterlibatan masyarakat adat dalam demokrasi adalah penanda penting. 

Dengan begitu, kehidupan berdemokrasi bisa jadi lebih hidup dan memiliki makna bagi rakyat. 

"Menang kalah soal lain. Tapi ini ikhtiar kami yang hendak membangun sikap kritis dan memunculkan masyarakat adat dalam setiap produk kebijakan atau setidaknya tidak mengabaikan masyarakat adat," kata Deftri.

BACA JUGA:Aksi Pemalakan Sekelompok Pemuda Bawa Sajam di Pantai Panjang, Pedagang Minta Kepolisian Patroli Rutin

Sementara itu, Erwin Octavian, sebelumnya secara resmi telah mendaftarkan dirinya bersama Jonaidi sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Seluma untuk Pilkada serentak bulan November 2024.

Calon petahana yang asli orang Suku Serawai ini, memiliki rekam jejak yang baik terhadap gerakan masyarakat adat di Seluma. 

Saat ini, pasangan yang mengakronimkan namanya menjadi ERJON didukung oleh sejumlah partai politik, yakni PPP dengan enam kursi, Gerindra dengan dua kursi, Golkar dengan empat kursi, PKS dengan tiga kursi, PKB dengan dua kursi, dan Gelora dengan dua kursi.

BACA JUGA:RSUD Tais Tangani 372 Kasus DBD Sepanjang Januari-September

Ketua Pengurus Daerah AMAN Tana Serawai Zemi Sipantri mengatakan sebagai bentuk dukungan mereka kepada pasangan ini, AMAN telah menyediakan satu rumah pemenangan untuk tempat konsolidasi dan komunikasi bagi siapa pun yang mendukung ERJON.

"Rumah pemenangan ini adalah bentuk dukungan serius kami untuk pasangan ERJON. Semoga ikhtiar ini bisa terwujud," kata Zemi.

BACA JUGA:Yayasan Generasi Rabbani Gelar Talkshow Pengadaban Wujudkan Generasi Emas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: