KPU

Kuota PPPK Pemprov Bengkulu Belum Mampu Menampung Seluruh Honorer, Ini Kata BKD

Kuota PPPK Pemprov Bengkulu Belum Mampu Menampung Seluruh Honorer, Ini Kata BKD

Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi, pada Sabtu, 12 Oktober 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi (Pemprov) BENGKULU pada tahun 2024 mendapatkan kuota untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 600 formasi.

Jumlah ini terdiri dari 400 formasi tenaga pendidikan (guru), 100 formasi tenaga kesehatan, dan 100 formasi tenaga teknis.

"Kami memiliki 600 formasi, sementara tenaga honorer yang ada sekitar 6.000. Ini berarti kami masih kekurangan formasi untuk menuntaskan masalah ini," kata Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi, pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ide Visioner DISUKA Tarik Wisatawan ke Kota Bengkulu, Gelar Festival Lampion Seperti di Thailand

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, jumlah pegawai non-ASN atau honorer yang terdaftar dalam database BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui aplikasi siNonA (Sistem Pengolahan Non-ASN) mencapai 4.813 orang, dengan masa kerja sejak tahun 2022.

"Dari database yang terhubung dengan BKN, ada 4.813 orang, sementara yang sudah diangkat sebanyak 1.114 orang. Ini berarti masih ada sekitar 3.000 orang yang perlu diakomodasi," ungkap Gunawan.

BACA JUGA:Deklarasi Dukungan Markas Pemuda Romer di Posko Pemenangan Rohidin-Meriani

Di luar itu, terdapat sekitar 1.600 honorer yang belum terdaftar dalam database, sehingga jumlah tenaga honorer yang perlu diangkat masih cukup banyak.

"Penuntasan tenaga honorer ini memang harus diselesaikan pada tahun 2024 sesuai dengan UU ASN," tambahnya.

BACA JUGA:Satu ASN dan 1 Anggota Dewan di Kepahiang Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Pilkada

Gunawan juga menyebutkan bahwa pemerintah pusat berencana melakukan pengangkatan PPPK paruh waktu untuk mengatasi masalah ini. Namun, hingga saat ini, mereka belum menerima petunjuk lebih lanjut mengenai rencana tersebut.

"Kami masih menunggu, karena petunjuk teknis terkait pengangkatan ini belum kami terima. Semoga menjelang akhir tahun ini ada kebijakan khusus untuk mengangkat semua honorer," tutup Gunawan.

BACA JUGA:Bulog Bengkulu Sediakan 4.700 Ton Beras Jelang Akhir Tahun untuk Stabilkan Harga

Untuk diketahui, jumlah non-ASN Pemprov Bengkulu dalam proses verifikasi dan validasi (verval) atau yang belum masuk dalam database BKN mencapai 4.000 an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: