Dari Lokal ke Pasar Global, UMKM Songket Binaan BRI Sukses Bersaing di Kancah Internasional

Dari Lokal ke Pasar Global, UMKM Songket Binaan BRI Sukses Bersaing di Kancah Internasional --(Sumber Foto: Doc/BETV)
SILUNGKANG, BETVNEWS – Dari lokal ke pasar Internasional, UMKM songket binaan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) sukses bersaing di kancah internasional.
Kain songket adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang terus dijaga dan dikembangkan oleh generasi penerus.
Apalagi di tengah derasnya arus modernisasi, warisan ini masih dijaga dengan kuat di tangan para perajin di Silungkang, Sumatera Barat.
Dari tanah dengan kebudayaan yang masih kental itulah Unici Songket Silungkang Lahir dan membawa pengaruh baik dalam melestarikan sambil menembus batas pasar global internasional.
Melalui ketekunan dan inovasi, Unici Songket tidak hanya mempertahankan tradisi, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi para perajin lokal.
Songket telah lama menjadi simbol kemewahan dan identitas budaya, dibuat dengan teknik rumit menggunakan benang emas atau perak. Di Silungkang, Sumatera Barat, para perajin masih mempertahankan metode tradisional dalam setiap helai kain yang mereka produksi.
Dari keahlian turun-temurun inilah lahir Unici Songket Silungkang, sebuah brand yang didirikan oleh Fitri pada 2019. Berawal dari pemasaran sederhana di media sosial, kini Unici Songket berkembang pesat berkat strategi digital dan inovasi bisnis yang diterapkan.
BACA JUGA:Jangan Lewatkan Kesempatan, Cum Date Dividen Rp31,4 Triliun dari BBRI Jatuh Tanggal 10 April 2025
Saat pertama kali memasarkan produk secara online, Fitri melihat respons positif dari pasar. Hal ini mendorongnya untuk lebih serius mengembangkan Unici Songket dengan merekrut perajin dan membuka toko fisik di Sawahlunto, Sumatera Barat. Bahkan, di tengah tantangan pandemi Covid-19, Ia mampu beradaptasi dengan mengalihkan 70% penjualannya ke platform digital seperti Facebook dan Instagram.
Memasuki 2023, Unici Songket semakin memperluas jangkauan pemasaran melalui e-commerce dan fitur live selling di TikTok Shop. Berkat strategi ini, omzet bulanannya stabil di kisaran Rp 30-50 juta per bulan.
BACA JUGA:Harga TBS Turun Pasca Idulfitri, Wagub Mian Gerak Cepat Sidak Pabrik Sawit
Guna memperluas usahanya, Fitri bergabung dalam program BRI UMKM EXPO(RT) pada tahun 2023. Melalui berbagai program pemberdayaan UMKM, Fitri merasakan manfaat besar dalam pengembangan usaha, baik dari sisi pemasaran, penjualan, hingga perluasan jaringan bisnis.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: