KPU

Antisipasi Bencana, Basarnas Gelar Pelatihan

Antisipasi Bencana, Basarnas Gelar Pelatihan

28 anggota pencarian dan pertolongan (SAR) Bengkulu saat gelar latihan di Kantor SAR Bengkulu pada Senin 22 Agustus 2022.--(Sumber Foto: AbduRahman/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bengkulu, mengelar latihan beregu dan satuan di bangunan runtuh, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor SAR Bengkulu, Senin 22 Agustus 2022.

Dalam pelatihan ini, sebanyak 28 orang peserta yang semuanya terdiri dari anggota Basarnas Bengkulu, yang ditunjuk oleh Basarnas.

Kepala kantor SAR Bengkulu, M. Arafah mengatakan, karena Provinsi Bengkulu merupakan daerah rawan bencana terutama gempa, maka pelatihan ini memang harus dilakukan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Waspada.. Potensi Hujan Sedang-Lebat Hingga 22 Agustus

Lanjutnya, bahwa secara geografis memang Provinsi Bengkulu ini sangat rawan terjadi bencana alam, oleh karena itu seluruh anggota Basarnas memang harus sigap. 

"Tujuan utama dari pelatihan ini, adalah untuk menyiapkan para personil pencarian dan pertolongan dalam menghadapi musibah di provinsi Bengkulu," ungkap Kepala SAR Bengkulu M. Arafah. 

Dalam enam hari kedepan, seluruh peserta pelatihan ini akan kembali dibekali dengan berbagai materi, terutama seputar penanganan terhadap bencana gempa.

BACA JUGA:ATM BRI Depan IAIN Curup Terbakar

"Pelatihan ini dimulai dengan materi di dalam kelas dan praktek di lapangan. Dengan beberapa materi pengenalan gempa, tsunami, peta kerawanan dan cuaca, penggunaan alat deteksi korban serta cara membuka jalur akses di gedung reruntuhan dan evakuasi korban," tambahnya. 

Kedepan pelaksanaan tugas dalam rangka operasi penyelamatan terhadap korban, bisa dilaksanakan dengan lebih profesional.

Tidak hanya itu saja, seluruh personel diminta untuk siap dan siaga dalam rangka melaksanakan pelayanan pertolongan pertama kepada korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: