2. Ruang kerja terbuka
BACA JUGA:Menarik! 8 Wisata Jepang Terpopuler, Salah Satunya Cocok bagi Pecinta Anime
Beberapa sikap orang Jepang lebih menekankan pada keharmonisan di antara karyawan hingga meluas ke desain kantor, yang mana meja akan dikelompokkan berdasarkan tim.
Selain itu, Jepang sendiri punya struktur kantor terbuka atau patuhi-seido, sehingga dapat menciptakan ikatan maupun keterbukaan untuk berkomunikasi pada rekan kerja saat bekerja.
3. Ketepatan dalam waktu
BACA JUGA:5 Manfaat Teh Hijau Khas Jepang untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Cegah Penyakit Jantung
Salah satu budaya kerja lainnya di Jepang, yaitu ketepatan waktu. Hal tersebut sangat penting, sebab segala sesuatunya harus berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.
keterlambatan akan dipandang sebagai rasa ketidaknyamanan besar terhadap orang-orang yang dibiarkan begitu saja menunggu.
Sehingga, bila atasanmu mengatakan rapat di mulai pukul 09.00 pagi, kamu pun harus sudah siap lebih dulu pada pukul 08.50.
BACA JUGA:Tradisi Nyotaimori di Jepang, Perayaan Makan Sushi Bersama 'Wanita'
Hal tersebut akan berlaku untuk jam kerjamu, yang dianggap tepat waktu bila kamu tiba sebelum dimulainya rapat sekitar 10 menit lebih awal dari waktu yang ditentukan.
4. Membeli omiyage
Karakteristik lainnya dari budaya kerja yang ada di Jepang yaitu membeli omiyage, kata "omiyage" tersebut mengacu pada suvenir (biasanya dapat dimakan) yang dibeli untuk hadiah saat berpergian ke suatu tempat.
BACA JUGA:Inilah 4 Fakta Fugu, Ikan Beracun yang Jadi Makanan Khas Jepang
Bila berada di Jepang, kamu akan menemukan toko omiyage di mana pun kamu pergi, dan hal tersebut menjadi kebiasaan untuk membeli sekotak permen lokal.
Bisa juga makanan ringan lainnya, yang dikemas sebaik mungkin untuk rekan kerjamu saat berpergian ke luar kota.