Nasihat Seorang Ayah Diabadikan Allah Dalam Al Quran, Surat Luqman, Lengkap Arab dan Terjemahannya

Kamis 27-07-2023,12:08 WIB
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Berikut ini mengenai Surat Luqman ayat 14 di dalam ayat Al Quran, lengkap dengan arab latin dan terjemahannya tentang nasihat seorang ayah yang diabadikan Allah di dalam Al Quran, lelaki tersebut bernama Luqman, dan bukanlah seorang nabi. Namun namanya menjadi salah satu nama surat. 

BACA JUGA:Kisahnya Tertuang dalam Alquran, Inilah 10 Hewan yang Dijanjikan Masuk Surga

Surat Luqman adalah surat ke-31 di dalam Al Quran dan terdiri dari 34 ayat. Nasihat Luqman kepada anaknya ada di Surat Luqman ayat 13 dan Surat Luqman ayat 14. 

Surat Luqman ayat 13, Al Quran Arab Latin dan Terjemahan

(13) وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ

Arab: Wa iż qāla luqmānu libnihī wa huwa ya'izuhụ yā bunayya lā tusyrik billāh, innasy-syirka lazulmun 'azīm

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, saat dia (Lukman) memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.

BACA JUGA:Rumah Tahfidz Yayasan Daarul Iman, Sarana Membumikan Alquran di Bengkulu

Surat Luqman ayat 14, Al Quran Arab Latin dan Terjemahan

(14) وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Arab: Wa wassainal-insāna biwālidaīh, hamalat-hu ummuhụ wahnan 'alā wahniw wa fisāluhụ fī 'āmaini anisykur lī wa liwālidaīk, ilayyal-masīr

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu."

BACA JUGA:Baca Tulis Alquran Masuk Kurikulum Sekolah

Tafsir Al Mishbah

Sementara itu, Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menjelaskan, surat Luqman ayat 14 ditunjukkan bahwa berbakti kepada orang tua di urutan kedua setelah manusia menyembah dan mengagungkan Allah SWT. 

Kategori :