Peringatan Setiap Tanggal 7 Agustus: Ini Sejarah, Tujuan, dan Tema Hari Hutan Indonesia

Minggu 06-08-2023,20:58 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Setiap tanggal 7 Agustus diperingati sebagai Hari Hutan Indonesia. 

Peringatan ini menjadi hari penting nasional untuk meningkatkan kepedulian serta kepedulian terhadap kelestarian hutan Indonesia.

BACA JUGA:7 Agustus Memperingati Hari Apa? Ini Daftar Peringatannya

Sejarah Hari Hutan Indonesia

Tanggal 7 Agustus diperingati sebagai Hari Hutan Indonesia. 

Peringatan ini diawali saat banyak orang membuat petisi change.org/jagahutan sejak tahun 2017. Tujuan petisi adalah untuk membuat orang tergerak untuk menjaga hutan.

Hampir 1,5 juta pendukung menandatangani petisi tersebut.

Tanggal 7 Agustus dijadikan peringatan Hari Hutan Indonesia karena bertepatan dengan disahkannya Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut.

Meskipun sudah ada Hari Hutan Sedunia yang diperingati tiap 21 Maret, namun dibutuhkan satu hari istimewa dalam setahun dimana seluruh mata, pikiran dan usaha bangsa Indonesia bertekad untuk menjaga hutan agar tetap subur dan bermanfaat bagi semua.

BACA JUGA:6 Agustus Memperingati Hari Apa? Ini Daftarnya

Tujuan Hari Hutan Indonesia

Tujuan diselenggarakah Hari Hutan Indonesia adalah untuk mendorong orang-orang untuk berkontribusi pada kelangsungan hutan di Indonesia.

BACA JUGA:Hari Peringatan Bom Hiroshima 6 Agustus: Kisah Hibakusha, Penyintas yang Selamat dari Tragedi

Tema Hari Hutan Indonesia 2023

Tahun ini Hari Hutan Indonesia 2023 mengusung tema "Jaga Hutan, Jaga Iklim". Kemudian hashtag #HariHutanIndonesia2023 dan #HutanAdalahJawaban juga dikampanyekan di media sosial untuk mendukung tema tersebut.

Kategori :