Ini Doa dan Adab Bangun Tidur yang Jarang Orang Tahu, Salah Satunya Duduk Lebih Dulu Jangan Langsung Beranjak

Jumat 11-08-2023,03:03 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

1. Duduk dan mengusap bekas tidur di wajah

"Mengusap bekas tidur di wajah, kemudian ketika sudah memasuki pertengahan malam, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bangun, kemudian Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya."(HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya)

Saat hendak bangun dari tidur jangan langsung berdiri dan berjalan karena berbahaya bagi kesehatan, sehingga perlu duduk sejenak.

BACA JUGA:Amalan Berlimpah Pahala! Disebut Surah Pengantar Tidur, Al Falaq Menjadi Doa Anjuran Nabi Muhammad SAW

2. Membaca doa bangun tidur

Alhamdulillahillazii ahyaanaa ba'damaa amaa tanaa wa ilaihinnusyuur

"Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan." 

"Bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam ketika bangun tidur beliau membaca: Alhamdulillah alladzi ahyaanaa ba'damaa amaatanaa wa ilaihin nusyur."(HR. Bukhari 6312, Muslim 2711, dan lainnya)

BACA JUGA:Tidak Perlu Jauh ke Luar Negeri, Anak Berbakti Cukup Amalkan Doa untuk Orang Tua Ini, Hidup Akan Makin Berkah

3. Membaca 10 ayat terakhir surah Ali-Imran

Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surah Ali-Imran.(HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya)

4. Gosok gigi

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.(HR. Bukhari 245 dan Muslim 2555)

BACA JUGA:Rumah Gelap Gulita Tiada Penerangan? Biar Tenang Baca Doa Anjuran Nabi Muhammad Ini Saat Mati Lampu Terjadi

5. Memncuci kedua tangan 3x

"Mencuci kedua tangan 3 kali apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada."(HR. Bukhari dan Muslim 278).

Kategori :