Ini Doa dan Adab Bangun Tidur yang Jarang Orang Tahu, Salah Satunya Duduk Lebih Dulu Jangan Langsung Beranjak

Jumat 11-08-2023,03:03 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

6. Membersihkan hidung

Adab selanjutnya adalah membersihkan hidung, hal ini sudah dilakukan Nabi Muhammad SAW setelah bangun tidur.

BACA JUGA:5 Amalan Doa Nabi Yusuf agar Wajah Bercahaya hingga Hidup Husnul Khatimah, Yuk Amalkan!

Caranya dengan memasukkan air ke hidung sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan agar tidak ada gangguan dari setan saat tidur sebab ia tinggal di sana.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya." (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Berwudhu

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: "Malammu masih panjang, teruslah tidur".

BACA JUGA:Setelah Mengerjakan Sholat Dhuha Dapat Membaca Doa Berikut, Agar Rezeki Makin Lancar dan Berkah

Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwujud terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia sholat maka terbukalah seluruh ikatan.

Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas." (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Amalan Meminta Jodoh dan Agar Rezeki Dimudahkan, Baca Doa Nabi Musa dan Kisahnya

Demikian informasi tentang doa dan adab bangun tidur dalam Islam yang dapat kamu ketahui, hal ini sunnah namun bisa jadi bernilai pahala. Wallahu a'lam, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :