27 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Listrik Nasional hingga Hari Lemur Sedunia

Kamis 26-10-2023,17:43 WIB
Editor : Wizon Paidi

Hari Warisan Audiovisual Sedunia  setiap tahunnya diperingati pada tanggal 27 Oktober.

Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan akan pentingnya pengarsipan dan pelestarian sumber audiovisual. 

 

Perayaan ini pertama kali dirayakan pada tahun 2005. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) bekerja sama dengan Dewan Koordinasi Asosiasi Arsip Audiovisual (CCAAA) untuk mewujudkan hari tersebut pada tanggal 27 Oktober.

 

CCAAA (Coordinating Council of Audiovisual Archives Associations) adalah organisasi sedunia yang memiliki banyak organisasi audiovisual sebagai anggotanya. Tidak ada posisi staf khusus di CCAAA karena masing-masing asosiasi terdaftar memiliki presiden dan wakil presiden yang dipilih menjadi anggota dewan, yang berubah sesuai dengan orang yang bersedia menjadi sukarelawan untuk posisi tersebut. 

BACA JUGA:24 Oktober Diperingati Sebagai Hari Perserikatan Bangsa-bangsa, Cek Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Sebagai infomasi, item audiovisual (AV) dapat berupa apa saja mulai dari klip pendek atau dokumenter hingga pidato atau musik.

Jenis materi ini memberi kita wawasan tentang realitas sosial, politik, ekonomi, dan linguistik di lingkungan tertentu. Arsip audiovisual juga merupakan cara untuk mempelajari bagian-bagian sejarah yang tidak lagi dapat diakses karena alasan apa pun.

Oleh karena itu, tanggal 27 Oktober adalah cara untuk mengingatkan semua orang tentang pentingnya melestarikan rekaman audiovisual sebelum terlambat. Banyak sumber-sumber tersebut telah hilang karena kelalaian dan kurangnya upaya pelestarian.

BACA JUGA:24 Oktober Memperingati Hari Polio Sedunia, Simak 4 Cara Mencegah Penyakit Polio Selain Vaksinasi

4. Hari Lemur Sedunia

Hari Lemur Sedunia  diperingati pada hari Jumat terakhir bulan Oktober. Tahun ini, peringatan tersebut jatuh pada tanggal 27 Oktober 2023.

Peringatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya melestarikan spesies yang terancam punah ini dan untuk merayakan keunikannya.

Hari Lemur Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2014, ketika didirikan oleh Jonah Ratsimmbazafy di Antananarivo, Madagaskar.

Sejak itu kebun binatang dan organisasi hak asasi hewan di seluruh dunia merayakan acara khusus ini. Hari Lemur Sedunia dirayakan bersamaan dengan Festival Lemur Sedunia.

Kategori :