27 Oktober Memperingati Hari Penerbangan Nasional, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Jumat 27-10-2023,10:57 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

2. Hari Listrik Nasional

Tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional setiap tahunnya. Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1945, peringatan ini merupakan perayaan yang ke-78.

Dikutip dari situs Kementerian ESDM, Hari Listrik Nasional (HLN) berkaitan erat dengan sejarah momentum nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik serta gas yang awalnya dikuasai oleh penjajah Jepang.

Usai diambil alih oleh para pemuda dan buruh listrik, sejumlah perusaahn listrik tersebut diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Kemudian dibentuklah  Jawatan Listrik dan Gas melalui  Penetapan Pemerintah No. 1 tanggal 27 Oktober 1945. T anggal tersebut kemudian menjadi dasar penetapan Hari Listrik Nasional.

BACA JUGA:Hari Pasta Sedunia 25 Oktober 2023: Simak Resep Rose Pasta Khas Korea Selatan, Sajian Istimewa nan Lezat

Berdasarkan sejarahnya, listrik  di Indonesia sebenarnya sudah ada di akhir abad ke 19. Beberapa perusahaan Belanda saat itu mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan perusahaan.

Sementara kelistrikan untuk umum, dimulai saat perusahaan swasta Belanda yaitu N V. Nign, yang awalnya bergerak di bidang gas memperluas usahanya di bidang penyediaan listrik untuk umum.

Sampai akhirnya pada tahun 1927 pemerintah Belanda membentuk  perusahaan listrik negara yang mengelola sejumlah PLTA bernaman  s'Lands Waterkracht Bedriven (LWB).

Selanjutnya Indonesia dikuasai oleh Jepang karena Belanda menyerah kepada Jepang dalam perang dunia 2.

Listrik baru dikuasai oleh Indonesia setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada hari itu juga, pemuda serta buruh listrik dan gas mengambil alih dari Jepang.

Walaupun kini listrik sudah menjadi kebutuhan umum, namun masih banyak tugas untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat di seluruh pelosok nusantara.

BACA JUGA:25 Oktober Memperingati Hari Pasta Sedunia dan Hari Seniman Internasional, Cek Penjelasan Selengkapnya

3.  Hari Lemur Sedunia

Hari Lemur Sedunia  diperingati pada hari Jumat terakhir bulan Oktober. Tahun ini, peringatan tersebut jatuh pada tanggal 27 Oktober 2023.

Peringatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya melestarikan spesies yang terancam punah ini dan untuk merayakan keunikannya.

Kategori :