29 November Memperingati Hari KORPRI, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Rabu 29-11-2023,10:14 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS -   Setiap tanggal memiliki peringatan yang dirayakan setiap tahunnya oleh sebagian orang. Termasuk pada tanggal 29 November.

Tahun ini, 29 November 2023 bertepatan dengan hari Rabu. Tanggal ini memperingati Hari  Korps Pegawai Republik Indonesia ( KORPRI).

Saat ini,  KORPRI merayakan HUT yang ke-52 dengan  mengusung tema "KORPRIKAN INDONESIA".

Selain  Hari KORPRI , tanggal 29 November juga diperingati sebagai Hari Chadwick Boseman  dan  Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina .

BACA JUGA:28 November Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Cek Daftar Peringatan Lain pada Tanggal Ini

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tangal 29 November:

1.  Hari  KORPRI

Tanggal 29 November diperingati sebagai Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), sekaligus menjadi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI. 

Pada tanggal 29 November 1971,  KORPRI resmi didirikan  sesuai dengan Keppres Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI).

Tujuan awal pembentukannya adalah untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, KORPRI beralih menjadi organisasi yan tidak berpihak terhadap partai politik tertentu atau netral.

BACA JUGA:27 November Memperingati Hari Adopsi Penyu, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Organisasi ini ada sejak masa penjajahan Belanda dimana saat itu sudah banyak pegawai pemerintah yang berasal dari kaum bumi putera. Meskipun begitu, kedudukan pegawainya adalah kelas bawah.

Tahun 2023 ini,  KORPRI merayakan HUT yang ke-52 dengan  mengusung tema "KORPRIKAN INDONESIA".

Dengan tema tersebut, para anggota KORPRI diharapkan menjadi lebih semangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik untuk mencapai pembangunan nasional.

BACA JUGA:26 November Memperingati Apa? Cek Daftar Lengkapnya Disini, Ada Hari Kue Internasional

Kategori :