Punya Riwayat Asam Lambung? Hindari 9 Makanan Ini Karena Bisa Jadi Pemicu Hingga Perparah Kondisi

Senin 25-12-2023,20:56 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Sedangkan kubis mengandung fruktosa tinggi gula sehingga dapat memicu lambung menghasilkan gas dan membuat gejala maag kambuh. 

BACA JUGA:Sering Disepelekan, Kenali Gejala Maag Akut Berikut Ini!

8. Kopi

Banyak orang yang menyukai kopi karena dapat menghilangkan kantuk. Namun mereka yang memiliki maag tentu harus berhati-hati saat mengkonsumsi kopi karena kandungan kafein di dalamnya dapat mengendurkan katups esofagus bawah sehingga meningkatkan resiko refluks asam lambung. 

Kopi memang terasa enak, dan banyak masyarakat yang menyukai minuman yang satu ini biasanya mengerti efek samping dari konsumsi kopi pada penderita asam lambung. Kopi dapat merangsang sekresi asam lambung yang memperparah heartburn

BACA JUGA:Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

9. Minuman Bersoda 

Minuman yang satu ini memiliki efek yang sama seperti kafein, yaitu mengendurkan katup esofagus. Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan tingkat keasaman pada lambung. 

BACA JUGA:25 Desember Memperingati Hari Natal, Simak Sejarah Perayaannya

Nah, itu adalah sederet makanan yang sebaiknya dihindari jika kamu menderita asam lambung. Asam lambung ini sangat mengganggu keseharian kita saat kambuh. Dan jika dibiarkan, asam lambung tentu bisa sangat berbahaya. Karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang dapat menjadi pemicu asam lambung.(*)

Kategori :