Punya Riwayat Asam Lambung? Hindari 9 Makanan Ini Karena Bisa Jadi Pemicu Hingga Perparah Kondisi

Senin 25-12-2023,20:56 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Makanan tinggi lemak di antaranya adalah susu full cream, daging merah, gorengan, dan sebagainya. 

3. Makanan Pedas

Makanan pedas tentunya sudah terkenal di secara umum sebagai penyebab asam lambung naik. Makanan pedas yang mengandung cabai memiliki zat bernama capsaicin sehingga dapat memperparah iritasi lambung. 

Makanan pedas juga memperlambat sistem pencernaan sehingga makanan akan bertahan lebih lama di dalam perut dan meningkatkan resiko naiknya asam lambung. 

BACA JUGA:Sering Mual Saat Bangun Tidur, Ini Gejala dan Cara Mengatasi Asam Lambung Naik di Pagi Hari

4. Buah Citrus 

Buah citrus seperti jeruk dan lemon memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun penderita asam lambung sebaiknya berhati-hati saat hendak mengkonsumsi makanan sumber vitamin C yang satu ini karena dapat memicu peningkatan asam lambung. 

Buah ini dapat menimbulkan sensasi terbakar di perut saat dikonsumsi oleh penderita asam lambung sehingga sebaiknya dihindari agar tidak memicu kambuhnya penyakit ini. 

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Jus Buah Plum Bagi Kesehatan, Ampuh Menurunkan Kadar Gula, Coba Sekarang

5. Minuman Beralkohol

Alkohol dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan melemahkan otot-otot kerongkongan sehingga membuat gejala asam lambung mudah kambuh dan semakin parah sehingga harus dihindari. 

6. Bawang

Melansir dari laman siloamhospital.com, konsumsi bawang seperti bawang merah, bawang putih dan bawang bombay dapat melemahkan otot kerongkongan bagian bawah sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan dan memicu gejala maag. Bawang juga memiliki rasa pedas sehingga dapat meningkatkan produksi asam lambung. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Maag Akut, Secara Alami dan Obat-obatan

7. Tomat dan Kubis

Kedua sayuran ini merupakan sayuran pemicu asam lambung sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Terdapat kandungan asam yang cukup tinggi di dalam tomat sehingga apabila di konsumsi secara berlebihan dapat menaikkan asam lambung. 

Kategori :