Pemkab Seluma Raih Nilai MCP Terbaik Tahun 2023 se-Provinsi Bengkulu dari KPK RI

Senin 27-05-2024,15:29 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Seluma meraih penilaian tertinggi dalam Monitoring Center for Prevention (MCP) se-Provinsi Bengkulu dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI tahun 2023.

Sekertaris Daerah Kabupaten Seluma (Sekdakab) Hadianto mengatakan, Seluma menduduki peringkat ke 1 se-Provinsi Bengkulu dalam capain MCP KPK di tahun 2023 dengan nilai 87,7.

BACA JUGA:Pelantikan PPPK Lulusan Tahun 2023 di Kabupaten Seluma Kembali Molor, Ini Penyebabnya

"Alhamdulillah dari sembilan kabupaten dan satu kota, kita meraih nilai terbaik di MCP untuk tahun 2023," kata Sekdakab Seluma Hadianto. Senin 27 Mei 2024.

BACA JUGA:Tak Jadi Dihibahkan, Akses Jalan Desa Taba Lubuk Puding Urung Diperbaiki Pemerintah

Indikator kriteria penilaian MCP tersebut memiliki 9 area intervensi Satgas Pencegahan KPK yang harus diindentifigasi yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, peningkatan kapabilitaskap abilitas APIP, tata kelola dana desa, manajemen aset daerah, optimalisasi pendapatan daerah, dan manajemen ASN. 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan indikator Monitoring Center for Prevention (MCP) 2024 untuk mendorong percepatan pencegahan korupsi di Pemerintah Daerah. Raihan tersebut juga didorong dari kepemilikan aset Pemerintah Daerah terbanyak se-Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Dalam Sehari, 15 Warga Kepahiang Digigit Anjing Liar

"Untuk penilaian KPK bekerja sama dengan Kemendagri, penilaian termasuk penataan sertifikat aset pemerintah faerah terbanyak, 104 bidang/porsil, termasuk aset sertifikat jalan, gedung kantor dan lain-lain," sambungnya. 

BACA JUGA:DTPHP: Hingga April 2024, Realisasi Penyaluran Pupuk Subsidi di Bengkulu di Atas 30 Persen

Menurutnya, raihan tersebut merupakan suatu capaian yang sangat signifikan. Mengingat di tahun 2022 yang lalu, Seluma meraih MCP kesembilan se-Provinsi Bengkulu. Sementara tahun ini raihan tersebut mengalami peningkatan singnifikan yakni terbaik satu dari sembilan kabupaten dan satu kota se-Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:Usai Dimediasi Polisi, 2 Warga Seluma yang Saling Bacok Sepakat Berdamai

"Penilaian dari KPK dan Kemendagri, Seluma mendapatkan nilaian 87,7. Dengan nilai tersebut kita meraih MCP terbaik di tahun 2023. Dimana tahun 2022 yang lalu kita mendapatkan MCP terbaik ke 9 se-Provinsi Bengkulu," tutupnya. (Jul)

Kategori :