Kenali Potensi Depresi pada Si Kecil Sejak Dini, Ini Gejalanya

Senin 03-06-2024,14:13 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Gejala depresi pada anak umumnya dapat terlihat dengan jelas, namun tidak semua orang menyadari hal ini dan hanya menganggap jika anak sedih saja. 

BACA JUGA:11 Penyebab Depresi pada Si Kecil yang Jarang Disadari, Kematian Orang Terdekat Salah Satunya

Biasanya hal ini terjadi karena orang tua berpikir jika anak tidak bisa mengalami depresi lantaran masalah mental yang satu ini biasanya dialami oleh orang dewasa. 

Padahal depresi ini bisa dialami oleh siapa saja termasuk oleh anak-anak sehingga orang tua perlu terus mengawasi anak-anaknya agar bisa segera mengenali gejala yang muncul akibat depresi ini. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Kenali Ciri-ciri Anak Alami Depresi, Mudah Marah hingga Terus Gelisah

Depresi sendiri merupakan masalah atau gangguan mental yang mempengaruhi suasana hati seseorang dan menyebabkan mereka memiliki perasaan sedih yang mendalam. 

Hal ini nantinya dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan juga kondisi fisik seseorang, mempengaruhi perilaku, emosional, dan juga cara berpikir seseorang. 

BACA JUGA:Kurangi Gejala Depresi di Masa Kehamilan, Ini 8 Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil

Gejala depresi pada anak secara umum mirip dengan yang terjadi pada orang dewasa, namun terkadang gejala tersebut dapat terlihat berbeda. 

Anak yang mengalami depresi bisa saja tidak selalu terlihat murung atau terlihat sedih. Beberapa dari anak justru jadi lebih agresif dan mudah kesal. 

BACA JUGA:Ampuh Kurangi Gejala Depresi, Ini 5 Manfaat Sayur Buncis untuk Kesehatan

Jika hal ini terjadi, biasanya orang dewasa yang ada di sekitarnya akan menganggap hal tersebut sebagai sikap dari anak yang nakal sehingga tidak menyadari hal tersebut sebagai gejala depresi. 

Apabila hal ini terus dibiarkan, maka lama kelamaan kondisi ini akan semakin parah sehingga membatasi kemampuan anak dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

BACA JUGA:Bunda, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Lantas apa saja gejala depresi pada anak yang perlu diketahui oleh orang tua? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut. 

Kategori :