5 Cara Biar Tetap Sehat Konsumsi Daging Kurban Idul Adha, Dijamin Aman Asal Tidak Berlebihan

Kamis 13-06-2024,22:50 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Daging kurban Idul Adha dapat dinikmati siapa saja yang membutuhkan. Dalam hal ini ada beberapa cara agar tetap sehat mengonsumsi daging dengan aman.

Asal tidak berlebihan, khususnya bagi penderita kolesterol tinggi. Biar aman dan tetap menjaga kesehatan perlu menggunakan beberapa cara berikut.

Olahan daging kurban ini perlu dikonsumsi dengan batasan tertentu. Selain itu disarankan untuk terlebih dulu mengonsultasikannya ke dokter agar tidak membahayakan tubuh.

BACA JUGA:Idul Adha Sebentar Lagi, Ini 4 Cara Bikin Daging Kurban Tahan Lama

Meski terbilang aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Bukan berarti dapat mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, kamu perlu memperhatikan kondisi tubuh.

Sebagaimana diketahui, Idul Adha merupakan peringatan umat Islam yang sangat identik dengan penyembelihan hewan kurban. Setelah disembelih, dagingnya akan dibagikan kepada mereka yang berkurban dan masyarakat yang membutuhkan.

Hewan kurban ini bisa berupa sapi ataupun kambing, orang Indonesia kerap membuatnya menjadi sate atau dimasak menjadi gulai.

BACA JUGA:Masukkan Dalam Freezer! Ini 6 Cara Menyimpan Daging Kurban agar Awet

Namun, karena daging mempunyai kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga perlu untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, khusunya untuk penderita kolesterol.

Tidak hanya sapi, beberapa daging lainnya juga memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing. Tinggal bagaimana cara mengolah dagingnya supaya tetap aman dikonsumsi.

Melansir laman halodoc.com, berikut ini beberapa cara biar tetap sehat konsumsi daging kurban Idul Adha.

BACA JUGA:Waktu Penyembelihan Harus Sesuai! Ini 5 Aturan Pembagian Daging Kurban yang Sah

1. Campuran sayuran

Cara aman mengonsumsi daging sapi berikutnya yakni dengan menambahkan sayuran ke dalam olahan daging. Menurut ahli, campuran sayuran dan daging merah dapat membantu menurunkan senyawa berbahaya ketika proses pencernaan.

Beberapa sayuran ini bisa dikombinasikan, seperti tomat, bayam, kol, atau sayuran lainnya. Cara tersebut sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Kategori :