Kamu Sulit Konsentrasi? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi Biar Fokus Lagi

Sabtu 22-06-2024,19:31 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

Selain itu overthinking atau seseorang yang terbiasa memikirkan banyak hal dalam sekali waktu. Bahkan secara berlebihan ini juga dapat memengaruhi fokus atau konsentrasimu.

Misal saat ada persoalan, kamu akan berkutat memikirkan masalah yang sama secara berulang kali ataupun suatu peristiwa terburuk pernah terjadi.

Tak hanya membuat sulit berkonsentrasi, overthinking tersebut bisa meningkatkan rasa cemas, memengaruhi kesehatan mental, hingga mengakibatkan insomnia.

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mudah Atasi Trust Issue, Cukup Percaya pada Diri Sendiri

3. Bosan terhadap tugas

Sulit untuk konsentrasi dengan tugas yang ingin dikerjakan karena kegiatan tersebut cukup membosankan.

Setiap orang memiliki minat masing-masing pada suatu hal. Jika kamu ingin mengatasi rasa jenuh atau bosan karena suatu tugas.

Cobalah untuk sejenak beristirahat dan juga kamu bisa lakukan kegiatan lain yang menyenangkan. Sehingga dapat merubah mood yang tadinya merasa bosan menjadi jauh lebih baik dan dapat kembali melakukan kegiatan yang seharusnya dilakukan.

BACA JUGA:Jelang Akhir Tahun 2023 Luangkan Waktu untuk Muhasabah, Cara Terbaik Memahami Diri Sendiri

Seperti, membuat teh atau kopi hangat, berbincang dengan teman kantor, hingga lakukan peregangan.

4. Teralihkan pada gadget

Meskipun gadget dapat memberi kemudahan dalam beraktivitas sehari-hari. Hanya saja, apabila menggunakan secara berlebihan dapat mengalami penurunan kemampuan kognitif saat memecahkan suatu masalah.

Sehingga yang terjadi pada akhirnya dapat memengaruhi fungsi dari otak dan terlebih lagi membuatmu sulit berkonsentrasi.

BACA JUGA:Hati-hati, 4 Tanda Ini Bisa Jadi Kamu Tanpa Sadar Melukai Diri Sendiri, Salah Satunya Pura-pura Bahagia

5. Kebiasaan multitasking

Hal ini juga menjadi salah satu penyebab kenapa kamu sulit untuk konsentrasi dalam melakukan beberapa tugas, apalagi dikerjakannya secara bersamaan atau multitasking.

Kategori :