Cek Cara Membuat Cuka Apel di Sini, Gunakan Buah yang Berkualitas Syarat Utama

Selasa 25-06-2024,11:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Menggunakan buah apel yang berkualitas menjadi syarat utama untuk membuat cuka apel yang bermanfaat dan bagus, simak caranya di sini.

Cuka apel merupakan bahan alami yang dibuat dari buah apel yang dipermentasikan selama beberapa waktu tertentu.

Pembuatan cuka apel sangat mudah dan dapat dilakukan di rumah, hanya dengan dua langkah cuka apel yang berkualitas dapat dinikmati manfaatnya.

Diketahui cuka apel mengandung sifat antioksidan mulai dari vitamin C, asam sitrat, antibakteri, hingga zat besi.

Kandungan inilah yang berfungsi untuk memberikan manfaat kesehatan dengan membantu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti menurunkan kadar gula darah, mengatasi perut buncit, melindungi sel tubuh hingga mencegah jamur kuku.

BACA JUGA:Ampuh Menurunkan Tekanan Darah, Ini 6 Manfaat Lainnya Buah Mangga untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini!

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengkonsumsi cuka apel itu sendiri, menambahkan beberapa bahan alami bisa mengoptimalkan efektivitasnya.

Melansir dari id.wikihow.com,berikut cara membuat cuka apel lengkap dengan manfaatnya untuk kesehatan:

Cara Membuat Cuka Apel

1. Tahap Membuat Sari Apel Dasar

Pilih apel yang bagus Cuci apel dengan air bersih.  Potong apel menjadi kotak-kotak kecil.  Pindahkan apel ke stoples kaca.  Tambahkan 1 sendok teh (4 gram) gula kristal mentah.  Tutup stoples dengan kain saring.  BACA JUGA:Bikin Tampak Lebih Muda 10 Tahun! Ini 8 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Nomor 7 Membantu Mengencangkan Kulit

2. Tahap Fermentasi cuka

Simpan stoples di tempat yang hangat dan gelap.  Aduk campuran itu sekali atau dua kali sehari.  Tunggu sampai apel tenggelam di dasar stoples. Saring apel dari air sari apel tersebut dan tuang sari apel kembali ke stoples.  Biarkan sari apel terfermentasi selama 3 hingga 6 minggu, aduk setiap beberapa hari sekali. Makin lama kamu membiarkan cuka apel itu terfermentasi, rasanya akan bertambah kuat dan aromanya makin tajam.  Pindahkan cuka yang sudah terfermentasi ke stoples kaca yang ada tutupnya dan simpan.  Dengan begitu cuka apel sudah dapat dinikmati manfaatnya BACA JUGA:Campuran Jus Tomat dan Wortel Ini Punya Beragam Manfaat, Yuk Cek Apa Saja Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Itulah sebabnya banyak yang menggunakan cuka apel untuk diet, kandungan dan nutrisi yang terdapat pada cuka apel dipercaya ampuh membantu menurunkan berat badan. 

Meskipun begitu, menkonsumsi cuka apel untuk menurunkan berat badan harus diimbangi dengan olaraga dan pola makan yang sehat.

2. Mengatasi perut buncit

Manfaat cuka apel untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengatasi perut buncit.

Untuk kamu yang merasa resa dengan perut buncit, cuka apel adalah solusinya. Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi cuka apel selama 12 minggu secara berturut-turut dapat menghilangkan lemak pada perut sehingga dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. 

BACA JUGA:Buah Jeruk Menyimpan 12 Manfaat Istimewa untuk Kesehatan, Salah Satunya Efektif Melancarkan Pencernaan

Namun, manfaat ini juga harus disertai dengan perilaku hidup sehat dan pola makan yang sesuai.

3. Mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Kandungan yang terdapat pada cuka apel ternyata dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mengkonsumsi cuka apel sangat bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes. 

Hal ini karena cuka apel mampu meningkatakan sensitivitas insulin saat tubuh mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Penelitian di dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice dengan judul Vinegar Consumption Can Attenuate Postprandial Glucose and Insulin Responses; a Systematic Review and Meta-Analysis of Clinical Trials menyebutkan bahwa cuka apel dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin postprandial. 

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Nomor 5 Paling Istimewa, Kamu Harus Tahu

4. Memberikan perlindungan pada sel tubuh

Selain mengatur kadal gula dalam darah, cuka apel juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada sel tubuh.

Mengkonsumsi cuka apel dapat memberikan perlindungan pada sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan polifenol yang terdapat pada cuka apel berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

5. Mencegah jamur kuku

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat mencegah timbulnya jamur kuku. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kuku sehingga membuat kuku menjadi keropos dan infeksi.

BACA JUGA:Efektif Mengatasi Penyakit Kronis, Ini 5 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan Sekaligus Cara Mengkonsumsinya

Cara penggunaan cuka apel untuk menjaga kesehatan kuku cukup dengan merendam bagian kuku yang mengalami kondisi ini menggunakan cuka apel dan campuran air hangat.

Rendam kuku selama 15-30 menit sebanyak 2 kali dalam satu hari. Setelah direndam, cuci dengan air bersih dan keringkan. Hindari kuku yang lembap agar jamur tidak berkembang.

Itulah cara membuat cuka apel yang bermanfaat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :