5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Kamis 04-07-2024,06:51 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

2. Menjaga kesehatan mental

Pada dasarnya donor darah merupakan suatu tindakan yang mulia. Akan sangat berharga, jika setiap tetesan darah yang disumbangkan ini bagi seseorang yang membutuhkan serta dapat menyelamatkan jiwa orang lain.

Melalui perasaan inilah bisa membuatmu merasa sangat termotivasi untuk menjalankan hidup yang lebih sehat, kemudian senang membantu orang lain.

BACA JUGA:Sederet Efek Samping Daun Basil untuk Kesehatan, Mulai Dari Alergi Sampai Pengenceran Darah, Hati-hati!

Hingga pada akhirnya hal itu bisa membuat kondisi mental menjadi lebih baik. Kamu pun bisa saja terinspirasi untuk berkontribusi lebih banyak terhadap sesama manusia.

3. Mengurangi jumlah kolesterol jahat

Berbagai penelitian mengatakan bahwa dengan membiasakan mendonorkan darah mampu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL dan trigliserida) dalam darah.

Hal ini membuat adanya risiko yang terbentuk atau pun sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) dapat berkurang, sehingga aliran darah dan fungsi organ pun berjalan lancar.

BACA JUGA:Ini 8 Penyakit yang Sebabkan Stroke, Darah Tinggi hingga Faktor Usia

4. Membantu mendeteksi dini dari penyakit tertentu

Tentu ketika kamu hendak mendonorkan darah, akan terlebih dulu menjalani pemeriksaan atau skrining dengan gratis.

Hal ini dilakukan untuk bisa mendeteksi penyakit serius, seperti hepatitis B, hepatitis C, HIV, Sifilis, dan malaria.

Dalam pemeriksaannya bertujuan sebagai bentuk kepastian bahwa darah yang kamu sumbangkan itu dalam kondisi aman, kemudian dapat digunakan sebagai transfusi darah.

Dengan adanya pemeriksaan ini kamu dapat mendeteksi penyakit tertentu, kemudian dari penyakit ini bisa terdeteksi sedini mungkin dan dapat ditangani dengan cepat.

BACA JUGA:6 Makanan Ini Sebabkan Darah Rendah, Gorengan Salah Satunya

Kemudian, ketika donor darah selesai dilakukan, darah akan langsung dikirim ke laboratorium untuk menjalani berbagai tes.

Kategori :