7 Parpol Parlemen Belum Tentukan Dukungan di Pilgub Bengkulu 2024

Senin 08-07-2024,12:22 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Tercatat sebanyak 7 partai politik (Parpol) parlemen atau yang memiliki kursi di DPRD Provinsi Bengkulu hasil pemilihan legislatif (Pileg) Februari 2024 lalu, hingga saat ini belum menentukan dukungan dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu.

Kurang dari 2 bulan tahapan pendaftaran atau 26 Agustus pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar 27 November 2024 nanti, namun 7 parpol berikut ini belum memberikan dukungan secara resmi. 

BACA JUGA:Komitmen Lestarikan Budaya, Wakajati Bengkulu Hadiri Pembukaan Festival Tabut 2024

7 parpol tersebut diantaranya Partai Nasdem yang memiliki 4 kursi, Partai Gerindra memiliki 6 kursi, Partai Demokrat memiliki 4 kursi, PKB memiliki 3 kursi, Partai PKS memiliki 2 kursi, dan PPP memiliki 1 kursi.

Selain itu, ada Partai Golkar yang merupakan pemenang Pileg lalu memiliki 10 kursi dan bisa mengusung 1 pasangan calon juga belum menentukan dukungan, meski diklaim dukungan tidak jauh dari Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah. Namun secara resmi Partai Golkar belum mengeluarkan surat dukungan apapun. 

BACA JUGA:Dua Hari Digenangi Banjir, Warga Kota Bengkulu Mulai Cemas Terserang Penyakit

Berpacu pada 30 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu yang belum memberikan dukungan bisa membentuk 3 koalisi, namun diyakini kuat hanya terbentuk 2 koalisi. 

Di sisi lain, 2 parpol yakni PAN dan PDIP telah bentuk koalisi mengusung Helmi Hasan dan Mian. Koalisi ini juga mengklaim bakal ada Parpol lain yang juga ikut mengusung pasangan tersebut.

BACA JUGA:Nostalgia ke Masa Lampau, Kamu Bisa Datang ke Balai Adat Rajo Penghulu, Lokasinya di Sini

Sementara 1 parpol parlemen, yakni Partai Hanura yang memiliki 3 kursi secara resmi telah memberikan dukungan dalam bentuk rekomendasi penugasan kepada Rohidin Mersyah. 

Di luar koalisi parpol ada pasangan calon perseorangan atau independen, yakni Dempo Xler–Ahmad Kanedi diketahui saat ini masih menjalani tahapan verifikasi faktual oleh KPU Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Dinkes Kota Bengkulu Imbau Warga Waspada Penyakit Pasca Banjir

Ketua Penjaringan Cagub–Cawagub DPD Partai Gerindra, Mahyudin Ismail mengatakan, tahapan penjaringan di tingkat DPD telah dilakukan dan ada 8 kandidat yang ikut dalam penjaringan dikirimkan nama-namanya ke DPP. Kemudian akan ditentukan oleh DPP siapa yang diusungkan oleh Partai Gerindra untuk Pilgub Bengkulu.

"Untuk nama-nama yang ikut penjaringan telah kita kirim ke DPP dan siapa yang didukung Partai Gerindra masih menunggu keputusan DPP," ujarnya.

BACA JUGA:Kurang Ajar! Maling Ini Beraksi Saat Rumah Warga Kota Bengkulu Dilanda Banjir

Kategori :