7 Rekomendasi Makanan Sehat dan Mudah Dicerna Oleh Lansia Usia 60 Tahun

Rabu 10-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

Makanan berserat tidak cocok dengan lansia, sebab sulit dicerna sehingga menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Karena itu, makanan rendah serat seperti nasi, kentang, dan buah-buahan rendah serat seperti jeruk bali dan pisang menjadi pilihan yang tepat dijadikan sbagai menu makanan sehat lansia.

BACA JUGA:10 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan, Sup Ayam hingga Bawang Putih

2. Sayuran yang Dimasak Sempurna

Seperti yang diketahui, jika pencernaan lansia sangat sensitif terhadap makan-makanan keras. untuk mengakalinya, lansia dapat mengonsumsi sayuran.

Penting diingat, sayuran harus dimasak dengan sempurna hingga matang. Sebab, sayuran yang belum matang dapat menggagu sistem pencernaan lansia.

BACA JUGA:10 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan, Sup Ayam hingga Bawang Putih

Sayuran adalah sumber serat yang baik, tetapi setelah dimasak, seratnya akan sedikit terurai oleh panas sehingga menjadi lebih mudah dicerna.

Sayuran mengandung vitamin dan mineral penting yang membantu melawan peradangan dalam tubuh. Contohnya adalah bayam, labu, atau wortel.

BACA JUGA:Maksimalkan Dietmu dengan Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini, Ampuh Pangkas Berat Badan, Yuk Coba!

3. Pisang Matang

Makanan sehat dan mudah dicerna lansia di atas 60 tahun selanjutnya aalah pisang. Pisang yang telah matang baik untuk pencernaannya.

Pisang matang mengandung karbohidrat, kalium, serta vitamin dan mineral penting lainnya yang semakin mudah dicerna seiring dengan kematangan buahnya.

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalori, Cocok Buat yang Mau Gemuk Sehat

4. Roti Putih

Roti putih atau roti tawar adalah pilihan yang baik saat lansia mengalami masalah pencernaan. Roti putih memiliki serat yang lebih rendah dibandingkan dengan roti dari biji-bijian utuh, serta seringkali mengandung vitamin dan mineral yang ditambahkan.

Kategori :