Inilah 9 Jenis Buah Pisang Nusantara, Ada Pisang Ambon hingga Pisan Uli

Rabu 10-07-2024,16:15 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Pisang yang satu ini memiliki bentuk yang sama dengan tanduk hewan sehingga dijuluki demikian. Berkat cirinya, pisang ini mudah untuk dikenali. 

BACA JUGA:7 Cara Alami Atasi Diare pada Orang Dewasa, Makan Pisang hingga Oralit, Coba Sekarang

Pisang ini memiliki rasa manis dan cenderung asam sehingga seringkali diolah menjadi camilan seperti pisang goreng atau keripik pisang. 

7. Pisang Kepok

Pisang kepok menjadi salah satu jenis pisang yang unik karena bentuk buahnya yang berbentuk pipuh segiempat panjang dengan kulit tebal dan tekstur yang sedikit berkapur. 

BACA JUGA:Atasi Kolesterol Tinggi dengan 7 Makanan Ini, Ada Pisang hingga Alpukat

Pisang kepok jarang dikonsumsi secara langsung karena teksturnya yang terasa keras dan kurang empuk. Karenanya, pisang ini biasanya dioleh menjadi olahan pisang goreng, pisang kukus, kolak pisang atau olahan lainnya yang digemeri. 

8. Pisang Barangan

Jenis pisang yang satu ini menjadi pisang yang banyak digemari oleh masayarakat karena memiliki rasa yang manis dan lembut di mulut. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Manis, Ini 6 Fakta Menarik Buah Pisang, Kaya Nutrisi dan Baik untuk Kesehatan

Daging buah pisang barangan berwarna kuning sedikit putih dan seringkali dimanfaatkan sebagai pencuci mulut. 

8. Pisang Nangka

Jenis pisang nangka menjadi pisang yang populer tidak hanya di Indonesia melainkan juga di negara tetangga seperti Malaysia. Ciri pisang ini adalah memiliki warna kulit yang hijau meski telah matang. 

BACA JUGA:Terungkap, Ini 6 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui, Dapat Merawat Kulit Wajah

Drai segi tekstur, pisang nangka sedikit keras dengan citarasa manis dan sedikit asam sehingga banyak diolah menjadi camilan seperti kolak pisang dan pisang goreng. 

9. Pisang Uli

Kategori :