Sebabkan Ruam hingga Iritasi, Inilah 5 Efek Samping Air Mawar Bagi Kulit Wajah dan Tips Mengatasinya

Kamis 11-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

1. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap air mawar, terutama jika mengandung bahan tambahan atau pengawet. Gejala reaksi alergi bisa meliputi:

  • Kemerahan
  • Gatal-gatal
  • Ruam
  • Pembengkakan

BACA JUGA:Cek Cara Jitu Mencegah Jerawat Menggunakan Air Mawar

2. Iritasi Kulit

Air mawar dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang sangat sensitif atau rusak. Iritasi bisa terjadi jika air mawar mengandung bahan kimia tambahan atau jika kulit Anda tidak cocok dengan komponen tertentu dalam air mawar.

3. Fotosensitivitas

Pada beberapa orang, air mawar dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari, meskipun ini jarang terjadi. Fotosensitivitas bisa menyebabkan kulit terbakar lebih mudah saat terpapar sinar matahari.

BACA JUGA:Inilah 5 Cara Menggunakan Air Mawar Untuk Mencegah Jerawat, Bahan Alami Ampuh Merawat Kulit

4. Interaksi dengan Produk Lain

Air mawar dapat berinteraksi dengan produk perawatan kulit lainnya, terutama yang mengandung bahan kimia aktif seperti retinoid atau asam alfa-hidroksi (AHA).

Interaksi ini dapat menyebabkan iritasi atau pengelupasan berlebihan pada kulit. Pengelupasan yang hebat mampu membuat kulit menjadi kemerahan hingga ada sensasi panas berlebih.

BACA JUGA:Auto Glowing Seketika, Inilah 8 Manfaat Air Mawar Untuk Kulit Wajah, Pastikan Pakai Sebelum Tidur

Tips Mengatasi Efek Samping Air Mawar

Itulah sederet efek samping air mawar untuk kulit. Efek samping ini tentu saja bisa dihindari. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari efek sampingnya

1. Uji Tempel

Sebelum menggunakan air mawar di wajah, lakukan uji tempel di area kecil kulit, seperti di bagian dalam pergelangan tangan atau di belakang telinga, dan tunggu selama 24 jam untuk melihat apakah ada reaksi negatif.

Kategori :