5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

Jumat 12-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Kelompok Lanjut Usia Perlu Kalsium Lebih, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Susu Bagi Lansia

Dalam pertumbuhan anak-anak, kalsium ini berkontribusi untuk perkembangan tulang anak sehingga anak-anak akan disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium. 

Bahkan saat seseorang telah berhenti tumbuh, kalsium tetap terus membantu untuk menjaga tulang dan juga memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang terjadi akibat penuaan. 

BACA JUGA:Berikut 10 Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi Baik untuk Kesehatan Tulang, Nomor 9 Bikin Kaget!

Biasanya seorang wanita yang telah mengalami menopause dapat kehilangan kepadatan tulang lebih tinggi dibandingkan pada pria atau pada orang yang lebih muda. 

Karena inilah mereka memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena osteoporosis sehingga dokter biasanya merekomendasikan suplemen kalsium. 

BACA JUGA:Intip Sederet Manfaat Susu Putih untuk Kecantikan, Salah Satunya Jitu Melembabkan Kulit

2. Mengatur Kontraksi Otot

Kalsium juga bermanfaat untuk membantu mengatur kontraksi otot karena saat saraf merangsang otot, maka tubuh akan melepaskan kalsium. 

Tidak hanya itu, mineral ini juga dapat membantu protein di dalam otot untuk melakukan kerja konraksi sehingga saat tubuh memompa mineral ini keluar dari otot, maka otot akan menjadi rileks. 

BACA JUGA:Susu Putih Mengandung Beragam Nutrisi, Inilah 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

3. Membantu Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Mereka yang memiliki kalsium yang rendah memiliki peluang lebih tinggi terkena serangan jantung lantaran defisiensi kalsium ini dapat berkontribusi pada kondisi tertentu yang mempengaruhi kesehatan jantung. 

Hal ini lantaran kalsium berperan penting untuk menjaga tekanan darah agar tetap berada dalam kisaran normal sehingga saat kadar kalsium tidak tercukupi, hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak, Perbanyak Asupan Serat hingga Pilih Susu yang Tepat

Dan saat tekanan darah ini tidak terkendali, maka kondisi ini dapat berdampak pada perkembangan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. 

Kategori :