5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

Jumat 12-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Terdapat banya manfaat kalsium untuk kesehatan tubuh selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. 

BACA JUGA:7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Adanya Masalah Otot hingga Depresi

Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kalsium sendiri adalah mineral makro yang memiliki banyak manfaat un6tuk kesehatan tubuh. 

Manfaat kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi merupakan salah satu manfaatnya yang paling populer. Hal ini lantaran kalsium menjadi zat utama yang membentuk tulang dan juga gigi. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 5 Efek Samping Kelebihan Kalsium pada Tubuh, Bisa Sebabkan Gangguan Jantung

Mineral ini tidak hanya berperan untuk pembentukan tulang dan gigi namun juga penting untuk proses pembekuan darah, membantu otot untuk berkontraksi termasuk untuk mengatur irama jantung normal dan juga fungsi saraf. 

Kalsium ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kamu dapat memperoleh kalsium dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu atau makanan lainnya. 

BACA JUGA:5 Dampak Kekurangan Kalsium yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Perparah PMS

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memperoleh kalsium melalui suplemen mineral seperti suplemen dengan kandungan karbonat yang memiliki kalsium tertinggi dengan kalsium sitrat, kalsium laktat dan juga kalsium glukonat. 

Dengan memenuhi asupan kebutuhan kalsium, berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh oleh tubuhmu. Simak ulasannya dalam artikel yang telah BETV rangkum di bawah ini. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Susu, Ini 10 Daftar Makanan Sumber Kalsium untuk Jaga Kesehatan Tubuhmu

Manfaat Kalsium untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pertama dari kalsium untuk kesehatan adalah untuk menjaga kesehatan tulang. 99 persen kalsium yag ada di dalam tubuh manusia ini ada di dalam tulang dan juga gigi. 

Oleh sebab itu, kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan juga memeliharaan tulang. 

Kategori :