7 Manfaat Teh Oolong yang Jarang Diketahui, Ampuh Mengurangi Gejala Rematik

Jumat 12-07-2024,22:38 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Teh oolong menjadi salah satu minuman hasil fermentasi yang diketahui baik untuk kesehatan. Salah satunya dipercaya ampuh mengurangi gejala rematik.

Minuman ini difermentasi dari gabungan teh hitam dan hijau. Diketahui rasa teh awalnya terasa pahit yang kemudian dapat meninggalkan sedikit rasa manis usai dikonsumsi.

Hasil fermentasi tersebutlah yang membuat teh ini berwarna gelap. Dengan bercampur rasa pahit, dan aroma khas teh oolong sendiri.

BACA JUGA:Nikmatnya Makin Terasa, Cobain 3 Resep Minuman Teh Sehat Ini, Dijamin Enak dan Bikin Nagih

Teh oolong memiliki kandungan nutrisi seperti katekin yang baik sebagai antioksidan dan lebih tinggi dari teh hitam.

Beberapa kandungan lainnya seperti epikatekin, terpineol, apigenine, beta-karoten, kafein, kalsium, fluorida, vitamin, mineral, hingga beberapa nutrisi lainnya.

Sebagai salah satu minuman sehat tradisional, teh oolong berasal dari Cina Selatan dan Taiwan. Diketahui teh oolong terbuat dari daun Camellia sinensis dengan menjemur di bawah sinar matahari dan membiarkannya teroksidasi sebagian.

BACA JUGA:Bisa Jadi Anti Aging Alami, Intip 5 Manfaat Lain Teh Hijau untuk Kecantikan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat teh oolong yang jarang diketahui dan baik untuk kesehatan.

1. Mengurangi gejala rematik

Teh oolong diketahui bermanfaat untuk mengurangi gejala ramatik. Hal ini berkat kandungan seperti ECGC dalam teh yang bisa berpotensi dalam mengurangi gejala rematik.

Caranya dengan menghambat sel pemicu peradangan sehingga bisa membantu menurunkan risiko kerusakan tulang rawansebab mengonsumsi obat penekan imun. 

BACA JUGA:Teh Punya Kandungan Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan, Cek Fakta Lainnya di Sini

2. Ampuh jaga kesehatan kulit

Teh oolong ini memiliki manfaat dalam kesehatan kulit. Dengan kandungan antioksidan kuat seperti polifenol yang dapat membantu mengatasi radikal bebas dan menjaga kulit sehat.

Kategori :