7 Manfaat Daun Pandan yang Jarang Diketahui, Dipercaya Ampuh Menetralkan Racun

Sabtu 13-07-2024,07:55 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Ada beberapa manfaat daun pandan yang jarang diketahui dan baik untuk kesehatan. Salah satunya dipercaya ampuh menetralkan racun.

Selain itu, daun pandan kerap ditemukan sebagai bahan pelengkap makanan maupun minuman. Dengan aroma khasnya, daun ini sangat bermanfaat sebagai pelengkap rasa makanan.

Tak jarang pula, daun pandan ditanam di perkarangan rumah, sehingga banyak yang menggunakan tumbuhan ini sebagai penyedap makanan.

BACA JUGA:7 Manfaat Teh Oolong yang Jarang Diketahui, Ampuh Mengurangi Gejala Rematik

Daun pandan di Indonesia cukup populer dan termasuk sebagai tumbuhan yang banyak dibudidayakan.

Berkat aromanya yang harum, tumbuhan hijau ini cukup digemari sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk dijadikan minyak esensial maupun dibuat dalam bentuk bubuk, hingga pasta.

Daun ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin A, hingga fosfor. Tak hanya itu, ia juga punya senyawa yang dapat bertindak sebagai antibakteri seperti flavonoid, glikosida, polifenol, saponin, dan alkaloid.

BACA JUGA:Tekanan Darah Rendah Bisa Bikin Pingsan, Ini Cara Mudah Mengatasi Hipotensi

Tak jarang bukan menemukan makanan yang diolah menggunakan daun pandan? Namun, tidak sedikit dari mereka belum mengetahui manfaat dari tumbuhan hijau satu ini.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan yang perlu diketahui.

1. Menetralkan racun

Tanaman hijau ini ternyata juga memberikan khasiat yang bisa menetralkan racun di dalam tubuh, khusunya pada hati. Dengan kandungan yang ada di dalamnya, daun pandan dikenal ampuh sebagai detoksifikasi racun.

BACA JUGA:Mata Makin Sehat, Cukup Konsumsi Oatmeal Secara Rutin, Cek Manfaat Lainnya di Sini

Bukan hanya menetralkan, namun tumbuhan ini juga mampu melepaskan racun dan kotoran supaya keluar dari tubuh. Banyak juga yang memakai tanaman ini sebagai obat pencahar alami.

2. Meringankan gejala arthritis

Kategori :