Bersin-bersin hingga Kehilangan Indra Penciuman, Ini 5 Gejala Flu pada Anak yang Harus Diwaspadahi

Minggu 14-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Gejala flu pada anak berikutnya adalah suhu tubuh naik. Demam atau naiknya suhu tubuh anak pada saat flu merupakan reaksi alami tubuh atas serangan bakteri atau virus penyebab flu.

Ketika virus atau bakteri menyerang tubuh sistem kekebalan tubuh anak berusaha untuk melawan serangan virus tersebut dengan begitu suhu tubuh anak akan naik dan mengalami demam.

Biasanya anak dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat akan lebih cepat sembuh dari flu dibandingkan dengan anak yang memiliki sistem tubuh cenderung rendah.

BACA JUGA:Olahraga Pagi Berdampak Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Ini 7 Manfaatnya

3. Keluar cairan dari hidung

Gejala flu pada anak selanjutnya adalah keluar cairan dari hidung. Ada beberapa cairan yang dapat keluar dari hidung saat anak mengalami flu mulai dari berwarna bening, hijau atau kuning. 

Biasanya ketika anak mengalami flu dan mengeluarkan cairan berwarna bening melalui hidungnya gejala yang ditimbulkan tidak begitu parah. Di lain sisi ketika anak mengalami flu dan cairan yang keluar dari hidung berwarna pekat seperti hijau atau kekuningan gejala yang ditimbulkan dapat menjadi lebih parah.

Biasanya cairan yang berwarna hijau dan kekuningan menyebabkan anak lebih sulit bernapas demam tinggi hingga kehilangan tenaga.

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Obat Mujarab, Ini 6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

4. Hidung gatal dan tersumbat

Gejala flu pada anak yang harus diwaspadai lainnya adalah hidung gatal dan tersumbat. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ketika flu anak akan mengeluarkan cairan melalui hidungnya keluarnya saran tersebut dapat menimbulkan rasa gatal pada hidung.

Selain itu cairan tersebut juga dapat menyumbat saluran pernapasan biasanya lendir yang terdapat di dalam hidung saat flu akan mengeras ketika tidak dikeluarkan. Oleh karena itu ibu harus mengajarkan si kecil untuk mendorong cairan tersebut keluar pada saat mengalami flu agar saluran pernapasan tidak terganggu.

BACA JUGA:7 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, Dapat Menjaga Kekuatan Otot hingga Memperbaiki Mood

5. Kehilangan indera penciuman

Gejala flu pada anak yang terakhir adalah kehilangan indra penciuman. Hal ini umum terjadi pada seseorang terserang flu, karena hidung akan tertutup oleh cairan atau lendir. Kondisi inilah yang membuat indra penciuman tidak terlalu tajam.

Gejala ini menandakan bahwa anak sudah memerlukan polongan pihak yang lebih profesional. Demikian informasi mengenai gejala lu pada anak yang harus diwaspadahi, semoga bermanfaat.(*)

Kategori :