Kenali Penyakit Demensia yang Bisa Diidap Kalangan Tua dan Muda, Ini Jenisnya

Minggu 14-07-2024,16:40 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Mengenal penyakit demensia dan jenisnya menjadi salah satu langkah untuk dapat mencegah dan sekaligus menangani masalah yang satu ini sejak dini. 

BACA JUGA:Jadi Penyakit yang Hantui Masa Tua, Ini 4 Cara Mengobati Demensia

Hal ini lantaran mengenalnya sejak awal dapat membuatmu mengetahui informasi mengenai apa yang harus dilakukan jika menemukan kasus ini pada orang terdekatmu. 

Demensia merupakan sekumpulan gejala yang mempengaruhi fungsi kognitif otak dalam mengingat, berpikir, bertingkah laku, dan juga berbicara (berbahasa). 

BACA JUGA:Jangan Tunggu Kejadian! Cegah Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Mudah Ini

Demensia atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan penyakit pikun ini sayangnya seringkali dianggap remeh lantaran mayoritas diidap oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Namun bukan tidak mungkin jika penyakit demensia ini juga dapat dialami oleh orang yang lebih muda dari itu. 

BACA JUGA:5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

Demensia ini juga biasanya terjadi secara bertahap sehingga seseorang tidak akan langsung dinyatakan mengidap demensia namun ia akan melewati beberapa tahapan penurunan kemampuan kognitif tersebut secara berkala. 

Sayangnya, salah satu gejala awal demensia yaitu lupa, seringkali dianggap sebagai masalah sepele sehingga penyakit demensia ini baru akan mendapatkan diagnosa setelah tahap lanjut. 

BACA JUGA:Kenali Penyebab dan Faktor Resiko Demensia Ini, Bisakah Terjadi di Usia Muda?

Mereka yang mengalami demensia biasanya memiliki kemampuan penurunan pada fungsi otak untuk melakukan fungsi dasar seperti dalam kemampaun berpikur, mengingat, berkomunikasi, dan juga dalam membuat keputusan. 

Oleh sebab itu, biasanya penderita demensia akan kesulitan untuk dapat mengurus dirinya sendiri, kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang disekitarnya dan juga memahami apa yang dilihatnya. 

BACA JUGA:Mengenal Demensia, Gangguan Otak yang Kerap Dialami Kelompok Lanjut Usia, Ini Jenisnya

Bukan hanya itu saja, beberapa penderita demensia juga dapat mengalami perubahan perilaku dan juga sulit untuk fokus. 

Kategori :