Jangan Nanti-nanti! Cegah Penyakit Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Ini

Minggu 14-07-2024,18:15 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Untuk itu, penting melakukan pencegahan demensia yang dapat terjadi seiring waktu, kamu perlu menerapkan beberapa langkah pencegahan berikut ini. 

BACA JUGA:Kenali Penyebab dan Faktor Resiko Demensia Ini, Bisakah Terjadi di Usia Muda?

Cara Mencegah Penyakit Demensia

1. Rutin Berolahraga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk encegah penyakit demensia ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan turin berolahraga. 

Dengan rutin berolahraga ini, alsiran darah di dalam tubuh dapat lebih cepat diedarkan ke seluruh tubuh oleh jantung sehingga darah di dalam tubuh akan terus mengalami perputaran. 

BACA JUGA:Mengenal Demensia, Gangguan Otak yang Kerap Dialami Kelompok Lanjut Usia, Ini Jenisnya

Tidak hanya itu, rutin berolahraga ini juga dapat membantu melindungi organ jantung dari berbagai penyakit berbahaya hingga dapat menjauhkanmu dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah. 

Namun tetap pastikan untuk melakukan olahraga sewajarnya setidaknya selama setengah jam setiap harinya dan hindari melakukan olahraga terlalu berat karena dapat memberatkan kinerga jantung. 

BACA JUGA:Bukan Sembarang Kacang, Ini 7 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Demensia

2. Tingkatkan Asupan Vitamin D

Selain rutin berolahraga, kamu juga perlu mengingkatkan asupan vitamin D untuk mencegah demensia sejak dini karena kekurangan vitamin D ini dapat menyebabkan penurunan kognitif pada tubuh. 

Untuk memperoleh asupan vitamin D ini, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan berjemur. Namun kamu juga dapat memenuhi asupan ini dengan mengonsumsi multivitamin atau suplemen. 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Bengkulu Edukasi Pencegahan Demensia

Jika kamu ingin mengonsumsi suplemen ini, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau petugas kesehatan. 

3. Menjaga Agar Otak Selalu Aktif

Kategori :