Sering Dialami Lansia, Ini Penyebab Penyakit Alzheimer dan Faktor Resikonya

Senin 15-07-2024,14:36 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Penyebab Penyakit Alzheimer

Terdapat dua penyebab penyakit alzheimer yang terjadi secara biologis maupun akibat faktor lingkungan, berikut penjelasannya :

BACA JUGA:Tak Langsung Parah! Ini 5 Tahapan Gejala Penyakit Demensia

1. Penyebab Penyakit Alzheimer secara Biologis

Secara biolois, penyebab penyakit alzheimer ini terjadi saat protein di dalam otak gagal untuk berfungsi seperti biasanya sehingga mengganggu kinerja pada sel-sel otak (neuron). 

Kondisi ini menyebabkan neuron menjadi rusak dan kehilangan koneksi satu sama lain sehingga pada akhirnya mati dan tidak berfungsi. 

BACA JUGA:Waspada Penyakit Demensia yang Turunkan Kualitas Hidup di Masa Tua, Ini Penyebab dan Faktor Resikonya

Bukan hanya itu, pada sebagian besar orang, penyakit alzheimer ini disebabkan oleh kombinasi antara faktor genetik, gaya hidu, dan juga lingkungan yang mempengaruhi otak seiring berjalannya waktu. 

Biasanya perkembangan penyakit Alzheimer ini juga dimulai bertahun0tahun sejak adanya kemunculan gejala pertama dan kerusakan yang terjadi seringkali dimulai di wilayah otak yang mengendalikan ingatan. 

BACA JUGA:Kenali Penyakit Demensia yang Bisa Diidap Kalangan Tua dan Muda, Ini Jenisnya

Setelah itu kehilangan neuron ini menyebar dalam pola yang cukup dapat diprediksi ke wilayah otak yang lain sehingga pada tahap akhir penyakit, otak menyusut secara signifikan. 

2. Penyebab Penyakit Alzheuimer secara Lingkungan

Selaiin karena faktor biologis, faktor lingkungan juga dapat menjadi penyebab penyakit alzheimer seperti polusi udara yang partikelnya dapat mempercepat kerusakan pada sistem saraf. 

BACA JUGA:Jadi Penyakit yang Hantui Masa Tua, Ini 4 Cara Mengobati Demensia

Paparan polusi udara terutama dari gas buangan kendaraan dan pembakaran kayu mengakibatkan seseorang beresiko lebih tinggi terhadap penyakit yang satu ini. 

Selain penyebab tersebut terdapat juga beberapa faktor resiko yang dapat meningkatkan resiko penyakit alzheimer ini, di antaranya adalah sebagai berikut. 

Kategori :