Sering Dialami Lansia, Ini Penyebab Penyakit Alzheimer dan Faktor Resikonya

Senin 15-07-2024,14:36 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Kejadian! Cegah Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Mudah Ini

Faktor Resiko Penyakit Alzheimer

1. Usia

Faktor penyebab alzheimer yang pertama adalah usia dimana penyakit ini rentan diidap oleh orang-orang yang berusia di atas 65 tahun terutama yang berusia di atas 80 tahun. 

Namun seperti yang dilansir dari laman halodoc.com, diketahui juga jika terdapat 5 persen pengidap alzheimer yang berusia 40-65 tahun. 

BACA JUGA:5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

2. Keturunan/Genetik

Selain usia, faktor keturunan/genetik keluarga juga menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit alzheimer lebih tinggi dibandingkan dengan faktor lainnya. 

3. Jenis Kelamin

Dari segi jenis kelamin, baisanya wanit lebih beresiko terhadap penyakit yang satu ini dibandingkan dengan pria lataran terdapat perbedaan dalam konektivitas otak dan gen spesifik pada wanita. 

BACA JUGA:Kenali Penyebab dan Faktor Resiko Demensia Ini, Bisakah Terjadi di Usia Muda?

Banyak ahli yang mengungkap jika wanita memiliki koneksi yang lebih kohesif terhadap protein yang membangun dan mempengaruhi otak sehingga hal ini berkaitan dengan penumpukan protein dan amioid di otak sebagai penyebab alzheimer. 

4. Pengidap Down Syndrom

Mereka yang mengalami sown syndrom ini biasanya dapat menjadi penyebab alzheimer pada seseorang lantaran kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan protein beta-amyloid di otak. 

BACA JUGA:Mengenal Demensia, Gangguan Otak yang Kerap Dialami Kelompok Lanjut Usia, Ini Jenisnya

5. Pengidap Gangguan Kognitif Ringan

Kategori :