6 Khasiat Daun Sirsak sebagai Obat Herbal, Ampuh Obati Insomnia hingga Asam Urat

Rabu 17-07-2024,10:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Sudah bukan rahasia lagi jika khasiat daun sirsak sebagai obat herbal tradisional telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia dan seringkali digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.  

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kecantikan, Bisa Jadi Anti Aging hingga Cerahkan Kulit

Hal ini lantaran daun sirsak mengandung banyak senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan dan populer di kalangan penelitian karena mengandung senyawa yang dapat mengobati kanker. 

Tanaman ini berasal dari Kepuluan Karibia di Amerika tengah dan kerapkali dimanfaat buahnya untuk dikonsumsi baik secara langsung atau dijadikan jus. 

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, Nomor 5 Paling Populer

Kandungan yang ada di dalam daun sirsak yang bermanfaat sebagai obat adalah kandungan acetogenin yang merupakan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun). 

Senyawa ini bekerja di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

BACA JUGA:Obati Insomnia hingga Maag, Ini Ragam Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Acetogenin ini akan masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. 

Selain bermanfaat untuk mengobati kanker, berikut manfaat lainnya yang diperoleh dari daun sirsak sebagai obat untuk berbagai penyakit yang telah BETV rangkum dari berbagai sumber.  

BACA JUGA:6 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan, Buah Ajaib Penstabil Tekanan Darah, Cek Kandungannya

Khasiat Daun Sirsak sebagai Obat

1. Mengobati Kanker

Khasiat daun sirsak sebagai obat yang pertama sekaligus yang paling populer adalah khasiatnya sebagai obat kanker. Khasiat ini diperoleh berkat kandungan antiosidan yang tinggi seperti kandungan flavonoid, pitosterol, dan tanin.

Terdapat penelitian yang menunjukkan jika daun sirsak ini dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif khususnya untuk kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, darah, hati, leher rahim, ovarium, mulut, dan kulit.

Kategori :