Mudah Banget! Ini 3 Cara Olah Daun Sirsak untuk Obat, Coba dan Dapatkan Manfaatnya

Rabu 17-07-2024,12:15 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Jika telah memilih daun sirsak yang tepat, berikut cara mengolah daun sirsak menjadi obat alami yang dapat kamu lakukan di rumah. 

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Herbal Alami Obatai Sakit Maag

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Obat Tradisional

1. Diblender atau Ditumbuk

Cara pengolahan daun sirsak yang pertama adalah dengan diblender atau ditumbuk, cara ini sangat cocok digunakan dalam pengobatan penyakit kulit lantaran sangat efisien, praktis, dan tidak memerlukan waktu lama. 

Kamu hanya perlu menyiapkan 3-5 lembar daun sirsak yang telah dicuci bersih, lalu tambahkan 1/4 gelas air (50 cc) air hangat agar membantu proses penghancuran. Tutup wadah secara rapat supaya panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa bisa maksimal.

BACA JUGA:Cakap Stabilkan Tekanan Darah, Ini 6 Manfaat Lain Buah Sirsak untuk Kesehatan

Setelah itu, balurkan daun sirsak pada kulit yang mengalami keluhan, diamkan sebentar hingga kering, lalu ulangi sampai daun sirsak tersebut habis. 

Jika kamu tidak memiliki blender, maka pengolahan daun sirsak dapat juga dapat dilakukan dengan cara ditumbuk atau digerus dengan cobek.

BACA JUGA:Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan Sangat Mudah, Dapat Dikeringkan dengan Cara Ini

2. Direbus

Selain diblender dan ditumbuk, pengolahan daun sirsak juga dapat dilakukan dengan direbus. Biasanya metode ini dilakukan saat kamu hendak mengonsumsi air rebusan daun ini. 

Dalam pengolahannya, kamu perlu menyiapkan 10-15 lembar daun sirsak. Lalu cuci bersih terlebih dahulu menggunakan air mengalir kemudiam panaskan air sejumlah 600 cc (3 gelas) di atas api kecil. 

BACA JUGA:Kaya Vitamin C, Ini 8 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Ampuh Mengobati Maag hingga Masalah Kulit

Setelah itu masukkan daun sirsak ke dalam air yang telah dipanaskan dan tunggu sampai menguap dan air rebusan yang tersisa hanya 1 gelas saja lalu saring air rebusan hingga tak ada sisa daun sirsak di dalam air.

Menurut Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, ahli budidaya tanaman sirsak di Taman Wisata Mekarsari, sebaiknya merebus menggunakan kendi atau panci terbuat dari tanah liat supaya kemurnian zat yang ada dari daun sirsak tetap terjaga.

Kategori :