Jangan Asal Konsumsi! Ini Dosis dan Aturan Pakai Vitamin D yang Tepat untuk Maksimalkan Manfaatnya

Senin 22-07-2024,13:54 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Saat mengonsumsi vitamin, terdapat dosis dan aturan pakai yang perlu dipatuhi termasuk untuk mengonsumsi vitamin D agar khasiat yang diperoleh maksimal. 

BACA JUGA:Bumil Wajib Tahu! Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil Bisa Tekan Resiko Preeklamsia, Cek Manfaat Lainnya

Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan bisa disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama. 

Mengonsumsi vitamin D ini dapat membantu memelihara tubuh lantaran selain baik untuk tulang dan gigi, vitamin D juga bagus untuk memperkuat sistem imun tubuhmu. 

BACA JUGA:7 Manfaat Vitamin D Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan Berjemur di Pagi Hari, Apa Saja?

Terdapat dua jenis utama dari vitamin D ini, yaitu yang pertama vitamin D2 (ergocalciferol) yang berasal dari tumbuhan dan bisa ditemukan pada beberapa jenis jamur. 

Sementara jenis yang kedua adalah vitamin D3 (cholecalciferol) yang ditemukan pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan juga pada sinar matahari. 

BACA JUGA:Bawang Putih Punya Kandungan Vitamin C, Ini 8 Manfaat bagi Kesehatan

Vitamin D ini dapat terbentuk secara alami saat kulit terpapar oleh sinar matahari secara langsung sehingga banyak orang yang menyarankan untuk berjemur di pagi hari agar memperoleh vitamin ini. 

Saat kulit terpapar oleh sinar matahari, maka kondisi ini akan memicu sintesis vitamin D dimana hati dan ginjal akan mengubahnya menjadi vitamin D yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih optimal. 

BACA JUGA:6 Ragam Manfaat Bunga Rosela untuk Kecantikan, Sumber Vitamin Bagus untuk Kulit Wajah

Sementara itu, jika kamu mengalami kekurangan vitamin D atau defisiensi vitamin D, kamu dapat mengalami beberapa jensi kondisi seperti penyakit rakitis pada anak, atau osteomalacia pada orang dewasa. 

Selain melalui sinar matahari, vitamin D ini dapat diperoleh melalui konsumsi suplemen vitamin D atau melalui makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. 

BACA JUGA:Lakukan 6 Cara Ini untuk Cegah Batuk, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Jika kamu ingin memenuhi asupan vitamin D melalui konsumsi suplemen, maka kamu perlu memperhatikan dosis dan juga aturan pakainya agar dapat menghindari masalah serius seperti overdosis. 

Kategori :