Sering Pusing Saat Berdiri Tiba-tiba? Bisa Jadi Tanda Anemia, Cek Gejala Lainnya

Selasa 23-07-2024,13:33 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Mengethui gejala penyakit anemia sejak dini menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan dan juga pengobatan agar penyakit ini tidak semakin parah. 

BACA JUGA:Banyak Dialami Perempuan, Ini 6 Penyebab Anemia yang Perlu Kamu Ketahui

Umumnya gejala anemia ini sangat mudah untuk dikenali karena tubuh akan segera merasakannya saat sel darah merah di dalam tubuh tidak cukup jumlahnya. 

Anemia atau lebih akrab dikenal dengan sebutan kurang darah ini merupakan suatu masalah kesehatan yang cukup umum terjadi dan dialami oleh banyak orang. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buncis untuk Bayi, Jaga Kesehatan Tulang hingga Turunkan Resiko Anemia

Kondisi ini terjadi saat jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh lebih rendah dari normal sehingga mereka akan menimbulkan gejala seperti lelah, sakit kepala, hingga merasa sesak napas. 

Penyakit anemia ini sendiri dapat dialami oleh berbagai kalangan, terutama pada kaum perempuan yang tengah mengalami menstruasi karena mereka kehilangan darah dalam prosesnya. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Nomor 1 Kurangi Resiko Anemia

Anemia sendiri merupakan gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau tidak bisa berfungsi dengan baik, padahal sel darah merah ini sangat penting untuk tubuh. 

Sel darah merah yang ada di dalam tubuh ini memiliki kandungan protein yang mengandung zat besi yang disebut sebagai hemoglobin. Zat ini berfungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke sel-sel tubuh. 

BACA JUGA:Kurang Asupan Zat Besi Sebabkan Ibu Hamil Alami Anemia, Cek 7 Penyebab Lainnya di Sini

Pada mereka yang memiliki kondisi anemia ini, jumlah sel darah merah dan hemoglobin yang ada di dalam tubuh mereka berkurang sehingga oksigen tidak tersuplai dengan baik dan membuat penderita menjadi lemas dan pucat.

Saat tubuh mengalami anemia, biasanya tubuh akan memperlihatkan gejala sehingga sebaiknya kamu tanggap mengenali gejala tersebut untuk memperoleh penanganan yang tepat dan juga pencegahan. 

BACA JUGA:Alami Anemia saat Hamil? Yuk Atasi dengan Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini, Cek Sekarang

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum informasi mengenai gejala penyakit anemia yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Kategori :