5 Dampak Konsumsi MSG Berlebih Ini Bisa Rugikan Tubuhmu, Masih Mau Makan?

Sabtu 10-08-2024,20:23 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan


--(Sumber : iStockPhoto)

Dampak pertama yang disebabkan oleh mengonsumsi MSG secara berlebihan adalah menyebabkan gangguan pada metabolisme tubuh. Bahkan sifat adiktif yang ada di dalam msg dapat menyebabkan resistensi insulin. 

Oleh sebab itu, MSG dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan menyebabkan penyakit gula sehingga penting untuk mengonsumsi penyedap rasa ini secukupnya. 

BACA JUGA:Golkar Siap Menangkan Pasangan Erwin-Jonaidi di Pilbup Seluma 2024

BACA JUGA:Maling Bobol Booth Kontainer Jus di Jalan Hibrida, Aksinya Sempat Terekam CCTV

2. Memberikan Dampak Buruk Pada Otak

MSG juga dapat memberikan dampak buruk pada otak. Padahal glutamat yang menjadi salah satu kandungan di dalam msg memiliki peranan yang penting untuk fungsi otak yaitu sebagai neurotransmitter yang merangsang sel saraf untuk mengirimkan sinyal. 

Namun kadar glutamat yang ada di dalam MSG ini terlalu banyak sehingga dapat mengakibatkan toksisitas pada otak terutama jika dikonsumsi berlebihan. 

Jika hal ini terus dibiarkan tentunya dapat menyebabkan hal yang serius seperti kematian sel. 

BACA JUGA:Dewan Baru Seluma Bakal Lanjutkan Pembahasan 5 Raperda yang Tertunda

BACA JUGA:6 Resep Minuman Cokelat Enak, Lebih Nikmat Jika Dihidangkan Selagi Hangat

3. Sebabkan Hipersensitivitas


--(Sumber : iStockPhoto)

Konsumsi MSG berlebihan juga dapat menyebabkan hipersensitivitas pada beberapa orang seperti menyebabkan sakit kepala, banyak berkeringat, hingga terdapat perasaan wajah seperti tertekan. 

Selain itu, pada beberapa orang juga ada yang mengalami mati rasa, kesemutan, hingga rasa terbakar di wajah, leher, serta area lainnya. Tidak sedikit juga yang mengalami sakit dada dan merasa mual. 

Biasanya masalah ini akan membaik seiring berjalannya waktu. Namun jika gejala ini tidak membaik, maka kamu perlu memeriksanya pada dokter dan pastikan untuk tidak mengonsumsi MSG secara berlebihan. 

Kategori :