5 Ciri-ciri Radang Tenggorokan, Batuk Termasuk Salah Satunya

Minggu 11-08-2024,12:19 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Ada banyak yang dapat menyebabkan infeksi bakteri atau virus, mulai dari kebiasaan buruk tidak menyikat gigi setelah makan, jarang minum air mineral hingga tenggorokan kering, atau efek samping mengkonsumsi makanan tertentu.

Oleh karenanya, sebelum radang tenggorokan menyerang kamu perlu memilih dan memilah makanan yang baik dikonsumsi dan cukupi kebutuhan cairan tubuh stiap harinya agar tenggorokan terhidrasi.

BACA JUGA:Pemkab Seluma Surati 7 Mantan Pejabat yang Belum Kembalikan Aset Daerah

BACA JUGA:Buah Tropis Pelancar Sistem Cernah, Ini 6 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

2. Nyeri saat Menelan dan Berbicara

Ciri-ciri radang tenggorokan berikutnya adalah nyeri saat menelan dan berbicara. Sama dengan sensasi gatal, nyeri menelan juga umum terjadi saat akan atau telah mengalami radang tenggorokan.

Rasa nyeri menelan ini terjadi karena area tenggorokan terluka biasanya, sehingga makanan atau minuman yang melewatinya membuat luka tersebut terasa sakit yang menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, rasa nyeri tersebut juga dapat terasa ketika berbicara jika kondisi sudah parah. Oleh karenanya, sebelum semakin parah kamu perlu mengobatinya baik dengan mengkonsumsi obat atau berkonsultasi langsung dengan dokter ahli.

BACA JUGA:Musim Trek Saat Harga TBS Sawit Naik, Petani Keluhkan Hasil Panen Turun 50 Persen

BACA JUGA:Miliki Efek Anti-Inflamasi, Ini 5 Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Kesehatan

3. Suara Menjadi Serak


--Sumber foto: (Web/halodoc.com)

Ciri-ciri radang tenggorokan selanjutnya adalah suara menjadi serak. Kondisi ini dapat terjadi karena infekasi pada daerah tenggorokan.

Seperti yang diketahui bahwa tenggorokan berdampingan dengan pita suara, sehingga jika terjadi peradangan pada area tenggorokan makan suara yang dikeluarkan juga tidak maksimal.

Selain itu, rasa gatal dan nyeri tenggorokan juga dapat mempengaruhi perubahan suara dan biasanya kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.

Namun, kamu tetap perlu mengobati radang tersebut agar tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Kategori :