Tunjukkan Semangat Kemerdekaan, Nelayan Pondok Besi Gelar Upacara HUT RI ke-79

Sabtu 17-08-2024,12:56 WIB
Reporter : Abdu Rahman
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Tak ingin ketinggalan dalam menunjukkan semangat kemerdekaan, puluhan nelayan di Kelurahan Pondok Besi Kota Bengkulu melangsungkan upacara pengibaran bendera merah putih dalam peringatan HUT RI ke-79, di kawasan pesisir pantai Sabtu 17 Agustus 2024.

Terlihat, para nelayan tampak antusias dalam melangsungkan seluruh rangkaian upacara bendera.

Para petugas mulai dari komandan upacara, pengibar bendera, hingga pembaca teks proklamasi dilakukan oleh para nelayan. 

BACA JUGA:Upacara HUT RI ke-79, Bupati Erwin Harap Pertumbuhan Ekonomi di Seluma Semakin Berkembang

Ketua Panitia, Hamdani mengungkapkan, bahwa upacara di pesisir Pantai Pondok Besi ini baru kali pertama digelar setelah dua tahun belakangan direncanakan. 

Di momen ini, seluruh aktivitas melaut ditiadakan dan para nelayan secara bersama-sama merayakan kemerdekaan dengan menggelar upacara dan bermacam lomba.

BACA JUGA:Upacara Peringatan HUT RI ke-79, Bupati Mukomuko: Momentum untuk Memajukan Daerah

"Ini baru pertama kali, mungkin nelayan di wilayah lain belum terinspirasi untuk melakukan ini. Kami tentu berharap dapat menginspirasi nelayan lain agar juga mengibarkan bendera merah putih di tempat mereka," ungkapnya.

Melalui momen inipun, ia turut berharap dapat menyatukan kembali semua lapisan masyarakat nelayan khususnya, serta meningkatkan rasa nasionalisme dan menjaga keutuhan NKRI. 

BACA JUGA:Bosan Dengan Menu Gorengan? Yuk Coba Buat Menu Berkuah Ini, Sop Ayam dengan Kacang Kapri

"Upacara ini kita inisiasi dengan merangkul seluruh nelayan di kota. Hal ini dalam rangka menyatukan nelayan dan menunjukkan bahwa nelayan juga bisa mengibarkan bendera sebagai bukti rasa nasionalisme," tambahnya. 

Sementara itu, salah seorang nelayan yang menjadi petugas pengibar bendera, Rendra Saputra mengungkapkan, meski ini baru pertama kali diselenggarakan, pihaknya merasa bersyukur seluruh rangkaian dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Kejaksaan Agung Terima Audiensi IOJI, Bahas Kelestarian Hutan Mangrove di Indonesia

"Karena ini baru terjadi kali ini, memang agak sedikit grogi. Tapi alhamdulillah berjalan lancar dan kami harap ke depan bisa lebih baik lagi," tuturnya. 

Di kesempatan tersebut, Pasi Ops Lanal Bengkulu, Lettu Laut Sigit Riyadi mewakili Danlanal Bengkulu menjadi Inspektur Upacara. 

Kategori :