Cegah Penyakit Parkinson Sejak Dini untuk Masa Tua Berkualitas, Ini Caranya

Senin 19-08-2024,13:55 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit parkinson ini adalah dengan memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. 

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian dan juga kacang-kacangan. 

Adapun beberapa rekomendasi makanan sehat dan bergizi untuk mencegah penyakit parkinson ini di antaranya adalah sebagai berikut :

BACA JUGA:Ketahui 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh Ini, Ampuh Kurangi Sakit Gigi hingga Tukak Lambung

BACA JUGA:5 Cara Jitu Turunkan Berat Badan Secara Alami, Cocok Buat Kamu Penderita Obesitas

  • Kunyit : Kandungan antiosksidan yang ada di dalamnya dapat membantu melawan peradangan dan juga mengurangi resiko kersakan sel saraf sehingga dapat menurunkan resiko parkinson. 
  • Buah beri : buah beri seperti blueberry, strawbery dan sebagainya kaya akan akntioksidan seperti flavonoid dan vitamin C dimana keduanya dapat membantu mekawan radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel otak.

BACA JUGA:8 Minuman Sehat Ini Aman Dikonsumsi, Dijamin Sakit Tenggorokan Auto Hilang

BACA JUGA:6 Manfaat Mandi Air Garam untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Membuat Tidur Lebih Nyenyak

  • Anggur merah : anggur merah mengandung senyawa antioksidan bernama resveratol yang memiliki efek antiinlamasi yang kuat sehingga dapat memberikan perlindungan dari kerusakan sel saraf
  • Teh hijau : Senyawa polifenol yang ada di dalam teh hijau juga bermanfaat sebagai antiinflamasi sehingga dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif yang berhubungan dengan parkinson.
  • Asam lemak omega-3 : Asam lemak yang satu ini juga dapat menurunkan resiko parkinson lantaran dapat mencegah degenerasi sel saraf

BACA JUGA:Tingkatkan Penerbitan NIB, DPMPTSP Kota Bengkulu Lakukan Upaya Jemput Bola

BACA JUGA:5 Resep Minuman Segar dari Lemon, Legahkan Tenggorokan dalam Sekali Teguk

3. Mengurangi Paparan Kimia Berbahaya


--(Sumber : iStockPhoto)

Mengurangi paparan kimia berbahaya juga menjadi salah satu cara untuk menghindari penyakit parkinson lantaran paparan bahan kimia ini dapat meningkatkan resiko penyakit parkinson. 

Bahan kimia berbahaya seperti pestisida, herbisida, dan juga logam berat dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf sehingga menjauhinya dapat menekan resiko tersebut. 

Sebagai alternatif, sebaiknya gunakan bahan alami untuk membersihkan rumah dan juga taman serta konsumsi makanan organik jika memungkinkan untuk dilakukan. 

BACA JUGA:Putus Kerja Sama, DLH Tak Lagi Kelola Sampah di Bencoolen Mall

Kategori :