Deteksi Perilaku Manipulatif Lewat 7 Ciri Ini, Salah Satunya Suka Melebih-lebihkan Perkataan

Selasa 20-08-2024,14:05 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Selain memanipulasi fakta, mereka yang memiliki sikap manipulatif juga seringkali melakukan gaslighting pada orang lain dengan tujuan untuk membuat seseorang merasa kebingungan dan mempertanyakan ingatan serta perbuatannya sendiri atas suatu keadaan. 

Mereka biasanya akan mengelak apabila langsung dikonfrontasi mengenai kebohonganya dan akan berbalik mempertanyakan hal yang sedang dibahas tersebut. 

Tidak hanya itu, mereka yang memiliki sifat manipulatif juga biasanya akan membuat seseorang terlihat menghakimi dan megejek orang lain secara terbuka untuk memperlihatkan jika orang tersebut yang bersalah. 

BACA JUGA:Ternyata Ini 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan, Ampuh Mengurangi Depresi

BACA JUGA:Tidak Melulu Daging, Cobain Resep Semur Tahu Kentang Telur Berikut Ini, Hidangan Lezat Cocok untuk Keluarga

3. Mudah Dekat dengan Orang Lain


--(Sumber : iStockPhoto)

Salah satu ciri ini mugkin menjadi ciri yang tidak terduga, namun orang yang berperilaku manipulatif biasanya lebih mudah untuk berbagai cerita pribadi, termasuk rahasia dan juga ketakutannya pada orang lain. 

Hal ini bertujuan untuk membuat orang lain merasa istimewa sehingga dapat membuat mereka turut mengungkapkan rahasia mereka tanpa diminta. 

Rahasia ini nantinya akan dijadikan sebagai sebuah senjata oleh si manipulator untuk dapat memanfaatkan mereka dikemudian hari. 

BACA JUGA:Ingin Kulit Glowing? Coba 4 Rekomendasi Produk Skincare Ini, Kulit Jadi Cerah dan Sehat

BACA JUGA:Camilan Enak untuk Anak, Yuk Cobain Resep Lumpia Goreng, Simpel dan Praktis Cara Buatnya

4. Melakukan Intellectual Bullying

Hal selanjutnya yang menjadi ciri orang manipulatif adalah dengan melakukan intellectual bullying yang merupakan perundungan yang dulakukan dengan memaparkan fakta. 

Manipulator akan memaparkan fakta dan juga data mengenai suatu hal yang tidak dikuasai korban secara berlebihan hingga membuat korban merasa tidak mampu dan tidak berdaya untuk mengambil keputusan. 

BACA JUGA:Ini 9 Jenis Buah Pisang yang Ada di Indonesia, Jangan Sampai Tidak Tahu, ya!

Kategori :