Ini 6 Cara Jitu Cegah Malaria yang Mudah Dilakukan, Nomor 1 Gunakan Kelambu saat Tidur

Rabu 21-08-2024,12:51 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Menggunakan kelambu menjadi salah satu cara mudah untuk mencegah penyakit malaria, yuk simak ulasannya di sini.

Malaria merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi parasit dari gigitan nyamuk Anopheles. Adapun gejala yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk Anopheles adalah demam tinggi secara tiba-tiba, menggigil, nyeri otot, sakit kepala, hingga kehilangan kesadaran.

Berbeda dengan nyamuk demam berdarah yang berwarna hitam putih belang-belang dan menyukai tempat lmbab yang kotor, ngamuk Anopheles berwarna kekuningan dengan belalai panjang dan sangat menyukai genangan air yang murni seperti sungai atau hutan tembakau.

BACA JUGA:Semangka Menyimpan Banyak Manfaat, Dapat Mencegah Degenerasi Makula Pada Mata

BACA JUGA:Hindari Gigitan Nyamuk hingga Jaga Kebersihan, Ini 6 Cara Cegah Demam Berdarah di Rumah

Salah satu cara mengatasinya yakni dengan mengkonsumsi obat antimalaria dan meminta pertolongan pada dokter, sedangkan cara menceganya yakni dengan menghindari gigitan nyamuk Anopheles itu sendiri.

Kamu bisa mengenakan pakaian tertutup, menggunakan obat nyamuk, rutin membersihkan lingkungan rumah terkhusus tempat tidur. Hal ini penting dilakukan karena jika sudah terkena penyakit malaria cukup bahaya untuk kesehatan, bahkan jika tidak mendapatkan penangan yang tepat bisa menyebabkan kematian.

Melansir dari lipunan6.com, berikut cara mencegah penyakit malaria yang paling jitu:

BACA JUGA:Apel Pasukan Operasi Mantap Praja, 9.556 Personel Disiagakan Amankan Pilkada Wilayah Bengkulu

BACA JUGA:Suka Tempat Lembap, Ini 6 Ciri-ciri Lain Nyamuk Demam Berdarah, Kamu Harus Waspada

1. Tidur menggunakan kelambu


--Sumber foto:(Web/tokopedia.com)

Cara mencegah penyakit malaria yang pertama adalah dengan mengunakan kelambu ketika tidur. Dengan begitu nyamuk tidak dapat menggigit ketika kamu sedang tertidur atau saat berada di dalamnya.

Hal ini sangat penting dilakukan apalagi jika kamu tinggal di daerah yang lembap dan banyak pepohonan gunung, hutan, atau daerah lembap lainnya.

2. Menggunakan pakaian tertutup

Kategori :