Rohidin Sebut Hampir Seluruh Masyarakat di Bengkulu Tercover BPJS Kesehatan

Sabtu 24-08-2024,18:13 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebut, saat ini hampir seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu sudah tercover BPJS Kesehatan. 

Terlebih Provinsi Bengkulu salah satu provinsi terbaik karena tingginya tingkat universal health coverage (UHC).

Sehingga saat ini tidak ada lagi alasan masyarakat di Provinsi Bengkulu tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. 

BACA JUGA:Daya Beli Masyarakat Berkurang, Pedagang Daging Ayam di Seluma Ngeluh Omzet Turun Drastis

"Saat ini tidak ada alasan masyarakat tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Karena seluruhnya sudah tercover BPJS. Bahkan saat ingin mendapatkan pelayanan kesehatan cukup menggunakan NIK KTP. Tidak perlu lagi membawa kartu BPJS," ujar Gubernur Bengkulu. 

BACA JUGA:Niat Bantu Teman, Pemuda Asal Teluk Sepang Dianiaya hingga Alami Luka 15 Jahitan di Kepala

Saat ini seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu sudah dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu.

Ia juga menegaskan, tak ingin lagi mendengar pelayanan kesehatan yang menolak pasien baik RS umum ataupun swasta. Sebab kesehatan adalah hak masyarakat untuk mendapatkannya.

BACA JUGA:Pemkab Seluma Bakal Salurkan Bantuan Hibah kepada 17 Rumah Ibadah

"Saya minta kepada Puskesmas, rumah sakit, kemudian dokter praktek yang bekerja sama dengan BPJS termasuk rumah sakit swasta jangan sampai menolak ketika masyarakat datang untuk mendapatkan layanan kesehatan. Dengan mereka menunjukan KTP dan KK itu sudah bisa dijadikan bahan oleh rumah sakit pemberi layanan kesehatan untuk mengklaim ke BPJS kemudian BPJS bisa mengklaim ke pemerintah daerah sesuai dengan anggaran yang sudah disediakan," tegas Gubernur Bengkulu.

BACA JUGA:Pilgub Bengkulu: Helmi Hasan dan Mian Jadwalkan Pendaftaran ke KPU di Hari Pertama

Maka dari itu Gubernur menyampaikan agar masyarakat Provinsi Bengkulu tidak perlu khawatir lagi apabila sakit dan hendak berobat silakan datang langsung ke rumah sakit terdekat. 

"Seluruh masyarakat Bengkulu sudah dijamin oleh BPJS kesehatan yang dianggarkan oleh APBD Provinsi Bengkulu. Jadi semuanya tidak perlu lagi khawatir untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Rohidin. 

(Jul) 

Kategori :