Kuku Kering Selama Hamil Termasuk Ciri-ciri Anemia, Cek Gejala Lainnya di Sini

Senin 09-09-2024,16:01 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Kuku kering salam masa kehamilan termasuk salah satu ciri-ciri anemia, yuk simak gejala lain dan penjelasan selengkapnya di sini.

Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehingga organ di dalamnya tidak mendapatkan suplai darah yang cukup untuk menjalankan fungsi masing-masing.

Hal tersebut membuat ibu hamil mengalami lemas, sakit kepala, sesak napas, nyeri dada hingga penglihatan menjadi berkunang.

BACA JUGA:Ini 7 Cara Jaga Kesehatan Mata Anak, Perhatikan Asupan Gizi Mereka ya Bunda!

BACA JUGA:5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Ibu hamil yang tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup paling rentan mengalami anemia karena suplai darah terbagi antara ibu dan janin.

Dengan demikian, bumil wajib memenuhi asupan nutrisi yang mengandung vitamin B12, folat dan zat besi agar terhindar dari anemia karena kandungan tersebut mampu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Namun, mengentahui ciri-ciri dari anemia pada masa kehamilan juga sangat penting agar dapat segera mengatasinya, dengan begitu ibu dan janin dapat tetap sehat. 

Salah satu ciri-ciri anemia pada ibu hamil adalah kuku kering. Dikatakan bahwa saat produksi sel darah merah tidak maksimal maka oksigen yang seharusnya diangkut ke seluruh tubuh tidak optimal.

BACA JUGA:Tokoh Masyarakat Bengkulu Nyatakan Dukungan untuk DISUKA di Pilwakot 2024

BACA JUGA:6 Manfaat Garam yang Jarang Diketahui, Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut hingga Meredakan Sariawan

Kondisi ini mengakibatkan kuku kering dan pusat. Tidak hanya itu, pusing, kulit pucat, napas pendek, tidak fokus, dan tekanan darah rendah juga termasuk ciri-ciri anemia pada ibu hamil.

Melansir dari siloamhospital.com, berikut ciri-ciri anemia pada ibu hamil:

1. Lesu


--(Sumber foto: Web/alodokter.com)

Kategori :