Bengkulu Jadi Tuan Rumah Rakornas Literasi 2024, 13 Kementerian Dipastikan Hadir

Sabtu 14-09-2024,15:43 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Provinsi Bengkulu resmi terpilih jadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pembudayaan literasi, inovasi, dan kreativitas 2024.

Acara ini digelar oleh Kementerian Koordiator (Kemenko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia.

Saat ini, persiapan sedang gencar dilakukan untuk memastikan event bergengsi ini berjalan lancar. 

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Dukung Muhammadiyah Terlibat Pengelolaan Tambang dengan Prinsip Berkeadilan

Asisten I Setda Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Bengkulu, Khairil Anwar menyampaikan, telah melakukan rapat bersama Kemenko PMK terkait persiapan acara yang akan berlangsung selama 1 minggu nanti.

"Rakornas Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas yang akan diadakan pada 23-27 September 2024. Terpilihnya Bengkulu berkat penghargaan atas revitalisasi bahasa daerah yang diberikan oleh Kemendikbudristek RI pada 2 Mei lalu," ujar Khairil.

BACA JUGA:KPU: Kelima Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu Memenuhi Syarat

Selain itu, kekayaan alam Bengkulu juga menjadi salah satu faktor penting yang mendukung terpilihnya provinsi ini sebagai lokasi Rakornas. Dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, diharapkan penyelenggaraan Rakornas ini dapat mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru di Bengkulu.

"Dengan meningkatkan literasi, kita berharap inovasi dan kreativitas baru muncul di Bengkulu. Pembudayaan literasi ini juga merupakan wujud kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung inovasi dan kreativitas di Bengkulu," lanjutnya.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Sukses Naikkan Indeks Pembangunan Kebudayaan Bengkulu, Raih Posisi Ketiga se-Indonesia

Sementara itu, Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko PMK, Molly Prabawaty, menambahkan bahwa ada 13 kementerian yang dipastikan berpartisipasi dalam Rakornas ini.

"Namun, jumlah kementerian bisa bertambah hingga 16 jika ada peninjauan terkait Pulau Tikus," kata Molly.

BACA JUGA:Sayur Asparagus Bagus Dikonsumsi Anak-anak, Ini 5 Ragam Manfaat yang Bisa Didapatkan oleh Tubuh

Molly juga menekankan pentingnya literasi dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang akan meningkatkan produktivitas, terutama di era milenial yang terus melahirkan pengetahuan dan penemuan baru setiap harinya.

"Kami berharap, kehadiran Rakornas di Bengkulu dapat meninggalkan warisan yang positif, khususnya dalam peningkatan sumber daya manusia di daerah ini," tutup Molly.

Kategori :