Luka di Tenggorokan Bisa Sebabkan Radang, Cek 5 Penyebab Lainnya Sekarang

Senin 16-09-2024,07:06 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi


--(sumber foto: Web/klikdokter.com)

Penyebab radang tenggorokan yang pertama adalah bakteri dan infeksi virus sehingga menyebabkan tersa sakit dan nyeri ketika menelan. 

Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan karena inveksi dari lingkungan sekitar seperti asap rokok, polusi, dan udara sehingga area leher menjadi merah, bengkak, gatal, dan nyeri.

2. Kandidiasis Mulut (Oral Thrush)


--(sumber foto: Web/alodokter.com)

Penyebab radang tenggorokan berikutnya adalah Kandidiasis Mulut atau infeksi jamur Candida albicans. 

Diketahui, kondisi ini kerap terjadi pada derah mulut karena lembap. Seperti yang diketahui bahwa jamur sangat senang merdiam di daerah lembap.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan bercak putih yang berada di rongga tenggorokan dan menimbulkan rasa nyeri dan sakit ketika menelan.

BACA JUGA:Catat! Pendaftaran Duta Wisata Kaur 2024 Berakhir 24 September

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Utara Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada 2024, Butuh 503 Orang

3. Tenggorokan Kering

Penyebab radang tenggorokan selanjutnya adalah kering. selain lembap bisa mengundang jamur, tenggorokan kering juga bisa menyebabkan radang tenggorokan.

Hal tersebut karena ketika tenggorokan kering maka akan terasa gatal dan sulit menelan karena serat.

4. Luka di Tenggorokan

Selain kering, luka jiga bisa menyebabkan sakit menelan. Kondisi ini bisa terjadi karena kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas sehingga area tenggorokan menjadi luka.

Oleh karena itu kamu harus menghindari mengkonsumsi makanan yang terlalu panas agar tenggorokan tidak terluka shingga meminimalisir rasa nyeri dan sakit ketika menelan.

Kategori :